Peristiwa

Perumahan Selalu Banjir, Ini Tuntutan Warga pada Developer

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga dari Perumahan Mondokan Sentoso, Kelurahan Mondokan, Kota Tuban mengadukan permasalahan fasilitas umum yang rusak serta banjir yang selalu terjadi di perumahan itu kepada Pemkab Tuban dan DPRD.

Terkait masalah perawatan Fasilitas Umum (Fasum) di perumahan itu, DPRD telah melakukan mediasi antara warga dengan pengembang dan juga Pemkab Tuban. Namun, dalam pertemuan di gedung DPRD Tuban itu tidak ada titik temu antara warga dengan developer perumahan tersebut.

“Kita sudah mengadakan hearing terkait permasalahan warga perumahan Mondokan Santoso. Kita mengundang developer, Dinas PUPR, PRKP dan juga warga,” terang M Imam Sholikhin, Sekretaris Komisi D DPRD Tuban, Selasa (12/2/2019).

Mediasi yang berlangsung di gedung DPRD itu tidak membuahkan hasil. Pasalnya, Ali Fauzi yang merupakan perwakilan dari PT Guna Bakti Surabaya sebagai developer tidak bisa memberikan keputusan terkait tuntutan warga Perum Mondokan Santoso.

“Dari hearing antara warga dengan pihak developer serta dinas terkait tidak ada titik temu. Dalam kesempatan itu perwakilan developer mengaku pasrah dan tidak tahu tentang aturan penyerahan fasum dan fasos lainnya,” ungkap Imam kepada beritajatim.com.

Dengan tidak adanya titik temu itu, warga Perum Mondokan Santoso itu kemudian membuat surat tuntutan kepada pengembang. Diantaranya, warga sepakat meminta kepada developer untuk melakukan perbaikan dan peningkatan fasum dengan batas waktu  Februari 2019 sambil menunggu proses penyerahan fasum ke Pemkab Tuban.

“Namun, jika sampai awal Maret 2019 tidak ada realisasi terkait perbaikan fasum dan tidak ada respon dari developer, maka warga akan melaporkan masalah itu ke Polres Tuban,” ungkap Pratikno (47), warga Perum Mondokan Santoso.

Sementara itu, pihak PT Guna Bakti Surabaya belum memberikan konfirmasi. Ali Fauzi selaku perwakilan developer tidak memberikan respon saat dikonfirmasi terkait permasalahan itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, keberadaan Perum Mondokan Santoso, Kota Tuban selalu terendam banjir saat terjadi hujan dan kondisi jalannya banyak yang rusak. Sehingga warga yang tinggal di perum itu mengaku resah saat. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar