Peristiwa

Pertunjukan Musik Akustik Trotoar Genbi untuk Bantu Korban Kekeringan

Jember (beritajatim.com) – Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI), komunitas penerima beasiswa Bank Indonesia, menggelar pertunjukan musik akustik trotoar di Jalan Mastrip, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (5/10/2019) malam.

Selain hiburan musik, ada musikalisasi puisi. Beberapa komunitas turut bersinergi dalam memeriahkan acara ini adalah seperti Komunitas Seni (Komsi), 4’Ace Entertainment, Kafe Toska Jember, dan band dari SMPN 1 Jelbuk Jember.

Pertunjukan ini bagian penggalangan dana untuk korban kekeringan. Koordinator lapangan Mohammad Faqih mengutip data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, ada 10 desa yang terancam kekurangan air bersih. “Masing-masing adalah Silo-Sidomulyo, Sukowono-Baret Baru, Patrang, Rambipuji-Kaliwining, Ledokombo-Lembengan, Silo, Arjasa, Kalisat, Sumbersari dan Sukorambi,” katanya, sebagaimana dilansir Humas Genbi.

Puncak musim kemarau untuk wilayah Kabupaten Jember diprediksi terjadi pada September 2019 kemaren, dan pada awal Oktober mulai musim penghujan. “Tapi memasuki awal Oktober ini masih tak kunjung hujan,” kata Faqih.

Aksi kemanusiaan ini GenBI Jember berhasil mengumpulkan Rp 985.800. Hasil penggalangan dana ini akan dirupakan suplai air bersih. Genbi akan bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan BPBD maupun PDAM.

“Ini merupakan cara kami yang sudah sering dilakukan untuk melirik saudara-saudara kita yang memang sangat membutuhkan. Tentunya live music ini sudah jadi budaya di komunitas kami dalam melakukan penggalangan dana,” jelas Faqih.

Tidak hanya itu, Genbi Jember juga menyosialisasikan ciri-ciri keaslian uang mulai dari 5J dan 3D kepada para pengendara yang berhenti di lampu merah.

“Sosialisasi ini kita selipkan karena kita melihat isu yang masih hangat mengenai peredaran uang palsu yang dilakukan oleh ibu rumah tangga yang terjadi di Ambulu beberapa hari lalu,” tambah Faqih. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar