Peristiwa

Peringatan Dini, Banyuwangi Waspada Siklon Tropis Claudia

Banyuwangi (beritajatim.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun kelas lll Banyuwangi mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk kawasan Banyuwangi. Peringatan itu akibat dampak dari siklon tropis claudia yang berpusat di Samudera Hindia bagian Selatan yang berdekatan dengan Australia.

Dampaknya, akan berakibat cuaca ekstrem di wilayah provinsi Jawa Timur, khususnya Banyuwangi. Selain itu juga berpotensi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, serta Sulawesi Selatan.

“Ini akan terjadi hingga tiga hari ke depan pengaruh dari siklon claudia di Banyuwangi masih akan terasa. Siklon tersebut dapat mengakibatkan meningkatnya hujan dengan intensitas lebat, angin kencang dengan kecepatan 40 km per jam, serta gelombang tinggi yang mencapai 4 meter,” jelas Prakirawan BMKG Banyuwangi Beni Gumintar, Selasa (14/1/2020).

Selain itu, kata Beni, dampak paling dominan yang akan dialami Banyuwangi, yakni angin kencang hingga mengakibatkan pohon tumbang. Juga berpotensi tingginya gelombang di perairan wilayah selatan Banyuwangi. “Saat ini siklon tersebut terus bergerak ke arah barat daya menjauhi Indonesia, yang akan melemah dampaknya di wilayah Indonesia. Kami tetap meminta warga agar tetap waspada dengan angin kencang,” ujar Beni.

“Bagi nelayan, khususnya yang melaut di perairan Selatan Banyuwangi, diimbau untuk tidak melakukan kegiatannya saat cuaca buruk yang dapat mengakibatkan gelombang tinggi hingga 4 meter,” pungkasnya. [rin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar