Peristiwa

Penemuan Arca Berelief Kaki, Dispar Ponorogo Turunkan Tim

Lokasi penemuan arca di sawah salah satu warga dipasangi garis polisi. [Foto/Endra Dwiono]

Ponorogo (beritajatim.com) – Dinas Pariwisata (Dispar) Ponorogo bergerak cepat atas temuan potongan arca berelief kaki di Desa Sawuh Kecamatan Siman. Dispar menurunkan tim untuk meninjau lokasi penemuan tersebut. Selain itu tim dari dinas yang berkantor di komplek gedung kesenian jalan Pramuka Ponorogo itu membuat berita acara penemuan.

Berita acara tersebut segera dikirimkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan. “Memang mekanismenya seperti itu, berita acara dan foto-foto dikirim ke BPCB Trowulan. Agar tim BPCB segera ke Desa Sawuh untuk melakukan penelitian lebih lanjut,” kata Kepala Dispar Ponorogo Agus Sugiharto, Rabu (27/11/2019).

Agus menginginkan tim BPCB cepat melakukan penelitian, sebab tempat penemuan arca tersebut di sawah. Dimana sebentar lagi akan masuk musim penghujan. Jadi Pemkab, dalam hal Dispar ingin bergerak cepat. Kalau memang ini penemuan yang potensial, Pemkab bisa segera bertindak.

Kalaupun nanti penelitian arca tersebut harus dibawa ke BPCB Triwulan, Agus tidak akan mempersoalkannya karena itu mungkin merupakan SOP yang harus dijalankan. Yang paling penting, tim BPCB segera dilakukan kajian di lokasi penemuan. Karena besar kemungkinan masih ada barang peninggalan kuno lainnya. “Penting segera dilakukan penelitian karena benda-benda kuno tersebut kemungkinan masih ada di sekitar lokasi,” katanya.

Demi keamanan arca sebelum diteliti, Agus menyarankan pihak Pemdes Sawuh untuk mengamankan arca di balai desa. Agus menambahkan bahwa saat ini pihaknya berkordinasi dengan BPCB terkait inventarisir dan memetakan semua potensi cagar budaya yang ada di Ponorogo.

“Kemungkinan daerah Sampung juga ada. Bukti sejarah seperti ini harus dijaga, karena bisa meluruskan budaya maupun sejarah dari Ponorogo di waktu dulu,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya warga Desa Sawuh Kecamatan Siman Ponorogo dikejutkan oleh penemuan potongan arca berelief kaki di sawah milik salah satu warga. Arca tersebut ditemukan, saat warga menggali lahan sawah sedalam 30 cm. Selain arca juga ditemukan bongkahan batu dan batu bata kuno yang berukuran lebih besar dari pada batu bata sekarang. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar