Peristiwa

Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total Akibat Kebakaran

Malang (beritajatim.com) – Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melakukan penutupan total untuk jalur pendakian di Gunung Semeru, sejak Minggu (22/9/2019). Penutupan total dilakukan karena kebakaran di area Gunung Semeru belum berhasil dipadamkan secara total.

Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie mengatakan, keputusan penutupan total menganulir keputusan sebelumnya yang menyatakan, pendaki boleh melakukan pendakian asal hanya sampai di Ranu Kumbolo. Pendaki dilarang ke Kalimati apalagi ke Puncak Mahameru.

“Dengan keputusan ini, berarti keputusan sebelumnya pendakian hingga Ranu Kumbolo tidak berlaku. Sejak hari ini, pendakian ditutup total sampai batas waktu yang belum ditentukan,” kata John.

Kebakaran di Gunung Semeru sendiri terdeteksi awal pada, Senin, (16/9/2019). Kebakaran itu awalnya terjadi di Blok Kelik, Sumber Mani, Arcopodo dan kawasan Kalimati. Hingga saat ini kebakaran belum behasil dipadamkan.

Luas area terdampak kebakaran pun belum diketahui secara pasti. Karena petugas masih fokus pada proses pemadaman. Tim gabungan melakukan pemadaman dengan metode teknik gepyok. Adapun, tumbuhan yang terbakar adalah alang-alang.

“Luas belum dihitung, tim sedang berjibaku padamkan api dan mengecek kalau masih ada pendaki yang belum turun ke Ranupani,” tandasnya. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar