Peristiwa

Pendaki Terjebak 30 Jam di Gunung Ranti, Begini Kondisinya

Banyuwangi (beritajatim.com) – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi empat pendaki Gunung Ranti yang sempat terjebak di puncak. Mereka berhasil selamat meski harus menunggu evakuasi selama 30 jam.

“Kami mulai naik sekitar pukul 11.00 WIB, Sabtu (19/10/2019) siang. Saat naik, sudah ada api di bagian lain jauh dari lokasi, kami tenang. Rencananya, kami itu hanya mau makan di atas. Tapi terjadi badai sangat keras sehingga kami hanya minum energen saja,” kata Fajar salah satu pendaki asal Jember, Minggu (20/10/2019).

Api datang, kata Fajar, sekitar pukul 17.00 WIB menjelang maghrib. Dia bersama tiga kawannya saat itu sudah berada di pos 3.

“Api datang begitu cepat, kami memutuskan naik ke puncak dan mencari jalur lain di sebelah timur arah Banyuwangi. Tapi, kami terpepet di situ karena bawahnya jurang sudah tidak bisa lagi bergerak,” kata Fajar

“Kami berlindung di tempat itu, kondisi lokasi miring, sehingga kami tidur juga miring,” imbuh Azzamylah pendaki lain.

Hingga pagi, mereka masih tertahan di lokasi itu. Sampai Tim SAR datang sekitar siang hari menemui mereka.

“Tim SAR datang sudah siang, kami diberikan logistik karena memang kami hampir kehabisan air. Kalau bekal makan masih ada. Tapi kami tidak bisa langsung turun, karena kondisi masih terbakar,”

“Sempat mencari jalur alternatif lain, lewat lembah-lembah. Hingga akhirnya kita selamat sampai bawah,” ungkap Azzamylah.

Sesampainya di bawah, mereka dibawa menuju Rest Area Tamansari, Kecamatan Licin. Mereka mendapat perawatan medis untuk memastikan kondisi baik.

“Saya lecet di bagian kaki, tapi semua dalam kondisi baik,” ucap Fajar.

Selain dua pendaki tersebut, ada dua orang yang sempat terjebak. Mereka adalah, Lisa Milyan asal Jember dan Thayib Hidayat asal Malang.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi Eka Muharam menyebut, mereka berhasil selamat setelah tim SAR melakukan evakuasi. Setelah sampai mereka mendapat perawatan dari tim 118 Dinas Kesehatan Banyuwangi.

“Beruntung mereka dalam keadaan sehat, satu orang mengalami penanganan,” pungkasnya.

Gunung Ranti di perbatasan Banyuwangi – Bondowoso terbakar sejak Sabtu (19/10/2019). Api terus membesar karena adanya angin yang cukup kencang hingga membakar seluruh bagian gunung. Kebakaran diduga berasal dari pembakaran lahan di wilayah administratif Bondowoso. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar