Peristiwa

Pemkab Pamekasan Bersama Kemendes Gagas Embung Kecil Antisipasi Kekeringan

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan bersama Kementerian Desa (Kemendes) berupaya membuat embung kecil penampung air bersih di sejumlah titik. Guna menanggulangi kekeringan di di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, Totok Hartono sebagai upaya mengatasi kekeringan yang mulai melanda wilayah Pamekasan. Termasuk kekeringan yang terjadi pada kemarau tahun ini.

Bahkan pada tahun ini, bantuan berupa suplai air dari Kemendes berupa 800 liter air juga mulai didistribusikan ke masyarakat. “Jadi untuk tahun ini kita dibantu oleh Kemendes 800 liter untuk pembuatan embung-embung kecil,” kata┬áTotok Hartono, Selasa (6/8/2019).

“Pembuatan maupun perbaikan embung, baik melalui skala besar maupun skala kecil segera kita laksanakan. Karena fungsi embung itu bermanfaat untuk menampung air di musim kemarau seperti saat ini,” sambung mantan Kepala Dinas PUPR Pamekasan.

Beberapa embung kecil penampungan air tersebut, nantinya akan disebar di berbagai wilayah di Pamekasan. “Beberapa daerah sudah tersebar embung, setidaknya ada empat titik di Pamekasan. Jadi hal itu yang kerja pusat dan kita hanya menerima hasilnya,” jelasnya.

Seperti diketahui, saat ini tercatat sebanyak 325 dusun di 80 desa yang tersebar di 11 kecamatan berbeda di Pamekasan. Tercatat hanya dua kecamatan berbeda yang dipastikan bebas dari kekeringan akibat kemarau 2019, yakni kecamatan Pakong dan Pamekasan. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar