Peristiwa

Pemenang Lelang Jabatan di Pemkab Bojonegoro Belum Menjabat

Bojonegoro (beritajatim.com) – Lima orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang lolos dalam lelang jabatan belum menempati jabatan sesuai pilihannya. Saat ini posisi jabatan yang dilelang justru diisi dengan mutasi pejabat baru yang tidak mengikuti lelang.

Lima Kepala SKPD yang dilelang jabatannya yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Penataan Ruang, Kepala Dinas Perdagangan, Kadin Perpustakaan dan Kearsipan, Kadin Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan.

Kepala dinas yang dilelang masih diisi oleh pejabat yang mendapat mutasi pada Kamis (2/5/2019) lalu. Penjabat Pelaksana (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bojonegoro, Joko Lukito mengatakan, kewenangan dalam pengisian jabatan di lingkup Pemkab Bojonegoro ada di tangan bupati.

“Sedangkan peserta yang lolos dalam lelang jabatan dulu, belum ada yang menempati jabatan yang dilamar,” ujar Djoko Lukito yang juga menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Bojonegoro, Rabu (15/5/2019).

Djoko menambahkan, rencananya setelah mutasi pertama 2019 ini akan ada mutasi tahap kedua yang akan digunakan untuk mengisi jabatan masih kosong. Namun, dia belum bisa mengatakan bahwa mutasi selanjutnya ini merupakan tindak lanjut lelang jabatan. “Sepenuhnya menjadi kewenangan bupati untuk melakukan mutasi,” lanjutnya.

Sekadar diketahui, dalam proses seleksi lelang jabatan, nilai tertinggi proses tes yang dijalankan peserta, jabatan Kadin Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Penataan Ruang diraih Heri Widodo, dengan total nilai 193.93. Nilai tertinggi pengisian jabatan Kadin Pemberdayaan Masyarakat Desa diraih Machmuddin, total nilai 246.48.

Nilai tertinggi pengisian jabatan Kadin Perdagangan diraih Agus Haryana, dengan total nilai 232.83. Nilai tertinggi pengisian jabatan Kadin Perpustakaan dan Kearsipan diraih Fajar Yudhi Hartanto, dengan total nilai 257.61. Sedangkan, Nilai tertinggi pengisian jabatan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan diraih Nursujito, dengan total nilai 250.95.

Proses lelang jabatan pimpinan tinggi (JPT) itu dilakukan Desember 2018. Hasil uji kemampuan yang mengikuti lelang tersebut dibahas dalam Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat. “Itu (penempatan jabatan) urusan tim seleksi. Keputusannya ada di Bupati,” ungkap Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto dalam kesempatannya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar