Peristiwa

Padamkan Api Membara mobil Terbakar, Petugas Damkar Tiduran di Jalan

Petugas damkar saat melakukan pemadaman api yang membakar mobil sedan di jalan Raya Prapen depan SMA N 16 Surabaya, Selasa (17/9/2019). [istimewa]

Surabaya (beritajatim.com) – Petugas pemadam kabakaran (damkar) memakai berbagai cara untuk memadamkan api di posisi sudut apapun. Termasuk di kolong mobil sedan B 1830 SAE yang terbakar di jalan Raya Prapen depan SMA N 16 Surabaya, Selasa (17/9/2019).

Guna menjangkau api yang terselip di setiap sudut mobil pendek ini, petugas mengambil posisi jongkok maupun tiduran di jalan supaya melihat titik api.

“Benar tadi ada kebakaran mobil dan sudah dipadamkan. Yang pasti petugas akan melakukan pemadaman api meski harus tiduran atau naik tangga,” jelas Bambang Vistadi, Kabid Operasional PMK Surabaya.

Bambang menjelaskan, tak hanya harus tiduran atau ambil berbagai macam posisi badan, saat memadamkan api, petugas juga juga harus cepat. Terlebih adanya kemacetan di sejumlah titik yang membuat mobil pemadam terjebak. Para petugas pun harus melakukan suatu hal untuk segera tiba di lokasi.

“Tadi juga ada petugas kita yang lari karena mobil damkar terjebak macet. Petugas lari membawa apar dan berusaha melakukan pemadaman awal dengan penyemprotan apar,” papar Bambang.

Usai mobil damkar bisa menjangkau lokasi kebakaran, petugas langsung menyiapkan selang air untuk pemadaman. Bambang juga menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran mobil sedan. Mobil yang terbakar ini diduga karena terjadi korsleting listrik. Setidaknya ada enam unit mobil damkar dikerahkan. Walhasil, tak sampai 30 menit, api berhasil di padamkan. [man/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar