Peristiwa

Musim Penghujan Tiba, BPBD Malang Siapkan 4 Titik Pos Lapangan

Malang (beritajatim.com) – Kabupaten Malang tengah menghadapi musim pancaroba alias peralihan dari musim kemarau ke penghujan. Datangnya musim pancaroba juga berpotensi meningkatkan terjadinya bencana alam.

Pada musim pancaroba yang perlu diwaspadai, seperti bencana angin kencang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang pun, telah menyiapkan strategi untuk menghadapi bila terjadi bencana selama musim pancaroba ini.

BPBD juga menyiapkan empat pos lapangan di empat kecamatan, yang tersebar di Kabupaten Malang bagian Selatan, Barat dan Timur.

“Kita siapkan pos lapangan, ada di Ngantang, Tumpang, Gedangan dan Donomulyo. Ada enam personil, disana kita siapkan peralatan seadanya. Kan kalau ada pohon tumbang, teman-teman lebih dekat, daripada berangkat dari Kepanjen,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, saat ditemui disela-sela peninjauan korban terdampak angin kencang di Dusun Jatiarjo, Desa Gunungjati, Jabung, Kabupaten Malang, Selasa (3/12/2019).

Kata Bambang, antisipasi lain yang dilakukan adalah dengan memangkas pepohonan yang dianggap sudah tua dan lapuk. Apalagi pepohonan yang ada di tepi jalan raya.

“Kalau ada pohon yang rawan tumbang, kita bisa tangani terlebih dahulu,” terang mantan Kasatpol PP itu.

Bambang melanjutkan, menyebut bahwa koordinasi dengan instansi lain intensif dilakukan BPBD. Seperti dengan relawan PMI, Tagana serta yang lainnya.

“Jadi kita tetap baik-baik saja. Seperti contoh sekarang itu, ada teman-teman Tagana, ada teman-teman Dinas Sosial, ada teman-teman PMI, Banser, semua ikut disini,” ujarnya. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar