Peristiwa

MS Gandeng PMI Pamekasan Bagikan Air Bersih Gratis

Pamekasan (beritajatim.com) – Mitra Setia (MS) Pamekasan menggandeng Tim Tanggap Darurat Bencana (TDB) Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, mendistribusikan air bersih gratis bagi warga terdampak kekeringan yang tersebar di sejumlah titik di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, Jum’at (22/11/2019).

“Distribusi air bersih gratis ini kami lakukan sebagai upaya untuk membantu sesama, khususnya masyarakat yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau di sejumlah titik di Pamekasan,” kata Direktur Operasional MS Pamekasan, dr Achmad Syafirullah kepada beritajatim.com.

Pada kegiatan sosial tersebut, pihaknya berencana untuk berbagi air bersih bagi masyarakat terdampak kekeringan dalam sepakan kedepan. “Untuk periode pertama ini, kami agendakan dari 30 hingga 40 tangki di titik berbeda,” ungkapnya.

“Jadi dari periode pertama ini, mungkin membutuhkan waktu hingga sepekan kedepan. Target kami mulai dari 30 hingga 30 titik, masing-masing titik satu tangki air bersih gratis,” sambung pria yang juga tercatat sebagai Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Pamekasan.

Pihaknya berharap kegiatan sosial tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang tengah membutuhkan air bersih akibat kekeringan tahun ini. “Dengan ikhtiar yang tidak seberapa ini, semoga dapat membantu sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan akibat terdampak kekeringan,” harapnya.

Disinggung soal kegiatan sosial dengan menggandeng PMI Pamekasan, pihaknya menegaskan hal tersebut dilakukan karena dinilai sinergi demi mengemban amanah dan tugas dalam aspek kemanusiaan. “PMI kan memang bergerak di bidang kemanusiaan, apalagi selama ini mereka juga mendistribusikan air bersih gratis. Sehingga kami juga menyalurkan hal serupa melalui PMI Pamekasan,” tegasnya.

Sementara Wakil Kepala Markas PMI Pamekasan, Yulianto Priyanto menyampaikan terima kasih kepada pihak MS yang sudah mempercayakan proses pendistribusian air bersih gratis melalui PMI Pamekasan. “Pertama kami sampaikan terima kasih atas kepercayaan pihak MS kepada PMI Pamekasan, untuk mendistribusikan air bersih gratis bagi masyarakat terdampak kekeringan,” ungkapnya.

“Sebelumnya juga terdapat sejumlah komunitas ataupun instansi yang bekerjasama dengan PMI Pamekasan, dalam menyalurkan bantuan air bersih. Di antaranya Alumni SMPN 1 Pamekasan hingga Lazismu Pamekasan,” sambung pria yang akrab disapa Yuli.

Seperti diketahui, selama ini Tim TDB PMI Pamekasan membantu masyarakat terdampak kekringan akibat kemarau tahun ini. Tercatat sebanyak tujuh kecamatan berbeda dijadikan sasaran pendistribusian air bersih yang digelar sejak September 2019 lalu.

Tujuh kecamatan yang dijadikan sebagai sasaran pendistribusian air bersih tersebut, yakni Kecamatan Galis, Kadur, Larangan, Pademawu, Pagantenan, Palengaan dan Tlanakan. “Kali ini sasaran kita bertambah dan masuk ke wilayah Kecamatan Waru, tepatnya di Desa Sana Laok,” pungkasnya. [pin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar