Peristiwa

Festival Gapura Cinta Negeri Polda Jatim

Motif Batik Sekar Jagat Khas Gapura Polres Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Polres Pamekasan mendirikan gapura bermotif Batik Sekar Jagat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Republik Indonesia, sekaligus mengikuti Festival Gapura Cinta Negeri yang digelar Polda Jawa Timur.

Bahkan seluruh polsek jajaran yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, juga memasang gapura tepat di depan pintu masuk yang dilengkapi dengan umbul-umbul ‘Agustusan’ bertema SDM Unggul Indonesia Maju.

“Ikon gapura yang dipasang di Mapolres (Pamekasan) ini, menampilkan salah satu khas dari kabupaten Pamekasan. Antara lain dengan gambar Arek Lancor, burung garuda, bambu runcing yang dibalut corak batik sekar jagat,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo, Jum’at (16/8/2019).

Gapura Polsek Larangan, mewakili Polres Pamekasan dalam Festival Gapura Cinta Negeri Polda Jatim 2019.

Diakuinya, pemasangan gapura di lingkungan instansi yang dipimpinnya dilakukan sebagai upaya memeriahkan HUT Ke-74 Republik Indonesia. “Termasuk untuk level polres, kami juga menyelenggarakan kegiatan lomba gapura yang diikuti 13 polsek jajaran,” ungkapnya.

“Sementara untuk festival tingkat Polda Jatim, diikuti sebanyak 39 polres di seluruh Jawa Timur. Selain gapura ini, kami juga menyertakan perwakilan Gapura Polsek untuk berpartisipasi pada festival di Polda, yakni Gapura Polsek Larangan,” jelasnya.

Tidak kalah penting, pihaknya juga mengimbau seluruh masyarakat khususnya generasi muda untuk menghayati perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan RI. “Sebagai generasi muda, sangat patut kiranya kita mengisi dengan berbagai kegiatan sebaik-baiknya dan tentunya bermanfaat bagi orang masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga memiliki kewajiban menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar tetap akan dan damai. “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sekaligus menghayati makna dari kemerdekaan,” ajaknya.

“Apalagi dalam sebulan kedepan, Pamekasan akan menggelar pelaksanaan Pilkades serentak, sehingga kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama menciptakan situasi aman dan damai,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar