Peristiwa

Moreno Soeprapto Dukung Bawaslu Malang Lakukan Hitung Ulang

Malang (beritajatim.com) -Dugaan adanya kecurangan dalam penghitungan suara di wilayah Kabupaten Malang membuat Bawaslu setempat melakukan penghitungan suara ulang (PSU) yang telah dilakukan sejak Jumat (19/4/2019) lalu.

Menanggapi hal ini, Anggota DPR RI dari fraksi Gerindra sekaligus Caleg Gerindra DPR Dapil Jatim V Malang Raya, Moreno Soeprapto, mendukung langkah Bawaslu.

Menurut Moreno, langkah yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Malang merupakan tindakan yang tepat, pasalnya di Kabupaten Malang ada sebanyak 56 Tempat Pemungutan Suara (TSP) dari 8.409 TPS yang tersebar di 33 kecamatan yang ditengarai ada kecurangan dan penggelembungan suara.

“Langkah Bawaslu sangat bagus dan tepat. Karena di 56 TPS yang tersebar di 15 Kecamatan diduga telah terjadi penggelembungan, pengurangan, serta kesalahan penjumlahan suara sah yang menguntungkan salah satu partai dan caleg lain,” ungkap pria yang duduk di Komisi III DPR RI itu, Kamis (25/4/2019).

Kata Moreno, 56 TPS tersebut tersebar di 15 Kecamatan, yaitu Kecamatan Kepanjen, Pagelaran, Turen, Tirtoyudo, Wajak, Ngajum, Dampit, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Donomulyo, Lawang, Sumberpucung, Wonosari, Pakis, Gondanglegi, dan Poncokusumo.

‚ÄúDari 15 Kecamatan tersebut, ada beberapa caleg kami yang merasa dirugikan,” jelasnya.

Kedua caleg tersebut, tambah Moreno, berada di dua Daerah Pilihan (Dapail) yang berbeda, yaitu dapil 2 dan 3.

“Untuk dapil 2 meliputi Kecamatan Ampelgading, Dampit, Tirtoyudo, dan Turen. Sedangkan Dapil 3 meliputi Kecamatan Bantur, Donomulyo, Gedangan, Pagak dan Sumawe. Dua dapil tersebut rawan adanya kecurangan,” pungkas mantan pembalap Nasional tersebut. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar