Peristiwa

Mogok, Mobil Berpenumpang 4 Orang Tertabrak KA Wijaya Kusuma

Kondisi mobil yang tertabrak KA Wijaya Kusuma. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebuah mobil Suzuki Ertiga nopol L 1540 YQ tertabrak Kereta Api (KA) di perlintasan tanpa palang pintu Dusun Mojoranu, Desa Karangnongko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Minggu (15/12/2019). Meski mobil dalam keadaan hancur, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Mobil berpenumpang empat orang tersebut melintas perlintasan tanpa palang pintu dari arah utara sekira pukul 19.20 WIB. Dari arah Mojokerto melintas Kereta Api (KA) Wijaya Kusuma jurusan Banyuwangi-Cilacap Jawa Tengah. Akibat kejadian tersebut mobil hancur karena terseret hingga sejauh 500 meter.

Penjaga perlintasan KA tanpa palang pintu, M Doni (17) mengatakan, mobil berhenti di tengah perlintasan kereta api karena terjerembab di lubang sedalam 20 sentimeter persis di samping jalan aspal. “Mobil berhenti tepat di tengah perlintasan,” ungkapnya, Senin (16/12/2019).

Kondisi perlintasan KA tanpa palang pintu ini berada di tanjakan yang cukup curam diduga pengemudi mobil tidak melihat ada lubang yang menyebabkan mobil terperosok. Ia sudah memperingatkan pengemudi mobil bahwa ada KA dari arah timur (Mojokerto) mengarah ke Jombang.

“Mobilnya mogok, kondisi ban sebelah kiri tersangkut lubang. Mau maju tidak bisa, ada palang besi, mundur terkena rel. Pengemudi sempat berupaya menyelamatkan mobilnya tapi keburu jarak kereta api semakin dekat. Tapi seluruh penumpang berhasil keluar dari mobil,” katanya.

Sementara itu, Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) Daerah Operasi (DAOP) 7 Madiun, Baroin menjelaskan, perlintasan KA tanpa palang pintu di perbatasan Stasiun Kereta Api Curah Malang, Kabupaten Jombang tepatnya di KM 612 tersebut di jaga oleh warga secara sukarela. “Warga sempat menolong pengemudi mobil,” katanya.

Dalam mobil naas tersebut, ada seorang perempuan dan dua orang anak yang berhasil keluar terlebih dahulu sebelum KA Wijaya Kusuma jurusan Banyuwangi-Cilacap melintas. Pengemudi turun setelah jarak KA beberapa meter dari lokasi kejadian.

“Masinis kereta api sempat berhenti untuk melaporkan adanya kecelakaan ini. Penumpang mobil selamat saat ini di evakuasi di pondok pesantren di dekat lokasi kejadian. Namun untuk mobil kondisi hancur karena terseret kereta beberapa meter dari perlintasan,” jelasnya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar