Peristiwa

Minimalisir Konvoi, Kegiatan Kampung Jadi Alternatif Warga Surabaya Rayakan Malam Pergantian Tahun

Surabaya (beritajatim.com) – Momen malam pergantian tahun dimanfaatkan masyarakat sebagai ajang berkumpul keluarga maupun tetangga. Berbagai kegiatan dilakukan dalam merayakan diantaranya adalah bakar-bakaran serta memasak kemudian makan bersama.

Dari pantauan beritajatim.com di beberapa kampung, nampak keramaian terlihat mulai dari karaoke hingga bakar ikan mewarnai kegiatan masyarakat Surabaya menyambut malam pergantian tahun.

Seperti yang terlihat di kampung Ketintang baru gang IV Surabaya. Agenda makan bersama digelar warga disana.

Teguh salah warga Ketintang mengatakan bahwa kegiatan makan serta berkumpul saat malam pergantian tahun tersebut mempunyai banyak manfaat. Selain mengakrabkan antar warga, kegiatan tersebut juga meminimalisir konvoi kendaraan terutama anak – anak muda untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

“Enak gini mas, selain menambah keakraban, kegiatan ini juga mengurangi konvoi di jalan-jalan yang resikonya besar,” ujarnya.

Teguh menerangkan bahwa dengan digelarnya kegiatan warga tersebut secara otomatis menarik anak muda untuk aktif dalam kegiatan kampung dan mengalihkan kegiatan konvoi di jalan.

“Kita tahu konvoi di jalan-jalan itu kan resikonya besar dan ndak ada keuntungannya. Maka dari itu kita bikin kegiatan ini,\” imbuh Teguh.

Ramainya kampung Ketintang tersebut juga terlihat hampir di seluruh kampung di kota Surabaya. Berbagai kegiatan mewarnai kampung – kampung di Surabaya pada malam pergantian tahun.

Teguh berharap Pemerintah Kota Surabaya menggalakan kegiatan kampung seperti di tempatnya khususnya bagi anak muda untuk meminimalisir konvoi kendaraan di jalan.

“Seharusnya Pemerintah Kota menggalakan kegiatan seperti ini di kampung – kampung pada malam tahun baru. Bisa dirangsang dengan lomba kegiatan kreatif antar kampung pada malam tahun baru,” pungkasnya. (rif/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar