Peristiwa

Menu Jemaah Haji di Makkah: Rawon, Rendang, Soto Betawi, dan Pindang Ikan Patin

Makkah (beritajatim.com) – Layanan katering di Makkah diberikan kepada jemaah haji Indonesia sejak lima tahun terakhir. Layanan ini diberikan tanpa mengurangi biaya living cost (uang saku) sebesar SAR1500 yang diterima jemaah saat di embarkasi pemberangkatan. Panitia menyajukan sejumlah menu khas nusantara. Di antaranya; rawon, rendang, soto betawi, dan pindang ikan patin.

Kali pertama layanan katering di Makkah diberikan sebanyak 12 kali pada 2015. Setahun kemudian, layanan ini meningkat menjadi 25 kali. Sejak 2017, layanan katering di Makkah diberikan hingga 40 kali kepada setiap jemaah, dalam bentuk makan siang dan malam.

Ini masih ditambah lagi dengan snack berat (roti/croisant/cupcake) untuk sarapan yang dibagikan bersamaan dengan distribusi makan malam. Jemaah juga mendapat paket kelengkapan konsumsi berupa: kopi, teh, gula, kecap, saos sambal, serta sendok dan gelas.

“Total ada 36 perusahaan katering yang sudah menjalin kontrak kerjasama dalam layanan konsumsi jemaah haji Indonesia,” jelas Kasi Katering Daker Makkah Beny Darmawan saat meninjau Dapur Jawharat Asia, dikutip dari laman resmi Kemenag, Minggu (14/7/2019).

Dapur yang terletak di kawasan Awali Makkah ini akan memberikan makanan selamat datang kepada jemaah haji SUB 01 yang tiba pertama kali di Makkah.

“Ketentuannya, kalau tiba sebelum jam 10 malam, makanan selamat datang akan langsung diberikan. Jika lewat jam 10 malam, konsumsi dibagikan esok harinya. SUB 01 diperkirakan tiba di hotel Makkah jam 8 malam,” sambungnya. Menu pertama yang akan disiapkan untuk SUB 01 adalah ayam broast, potato chip, buah, dan air mineral.

Sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan, lanjut Beny, Kementerian Agama tahun ini menyajikan sejumlah menu nusantara khas sejumlah daerah di Indonesia, antara lain: rawon, rendang, soto betawi, dan pindang ikan patin. Kapasitas dapur paling kecil adalah menyiapkan 4.500 pax, sedang yang terbesar mencapai 14.000 pax. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar