Peristiwa

Menhub RI Serahkan Dua Kapal Rede Untuk Kepulauan Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyerahkan dua kapal rede untuk dioperasikan di wilayah kepulauan Sumenep. Penyerahan secara simbolis dari Menteri Perhubungan kepada PT Pelni tersebut dilakukan di Terminal Penumpang PT Pelindo III di Pelabuhan Kalianget, Sumenep pada Minggu (12/05/2019).

“Dua kapal tambahan ini kami serahkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi saat mudik lebaran. Tadi pak Bupati cerita, kalau masyarakat Sumenep yang tinggal di luar Sumenep sekitar 350 ribu. Berarti kan banyak itu pemudiknya,” kata Budi Karya Sumadi.

Dua kapal rede Ganda Nusantara 01 dan 02 tersebut menurut rencana akan dioperasikan di jalur Sapeken dan Sepudi. “Kapal rede ini nanti yang ngelola PT Pelni. Berikutnya nanti ada kapal roro yang dikelola ASDP,” ujarnya.

Menurut Budi, dengan potensi banyaknya jumlah pemudik, ia menyarankan agar juga disediakan tenda besar di Pelabuhan, untuk menampung para calon penumpang yang tidak bisa terangkut kapal. Satu tenda disarankan mampu menampung 500 orang.

“Pengalaman saya di Samarinda seperti itu. Jadi penumpang yang tidak terangkut ini ditampung di tenda, menunggu sampai jadwal kapal berikutnya. Tidak perlu memaksakan diri untuk naik ke kapal,” ujarnya.

Selain penyerahan secara simbolis dua kapal rede, sekaligus juga diserahkan buku kesehatan dan Emergancy Kit oleh Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F Moeloek kepada PT Pelni didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Setelah menyerahkan dua kapal rede secara simbolis, Menteri Perhubungan dan Menteri Kesehatan bersama Gubernur Jawa Timur melakukan pengecekan kelaikan kapal perintis Sabuk Nusantara 92 yang akan berlayar dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Masalembu. (tem/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar