Peristiwa

Marinir dan Brimob Gelar Apel Bersama

Surabaya (beritajatim.com) -Korps Marinir TNI AL dan Korps Brimob Polri menggelar apel bersama dalam rangka silaturahmi dan sinergitas guna terciptanya Kamtibmas yang kondusif di Bhumi Marinir Karang pilang Surabaya, Kamis (28/3/2019)

Kegiatan apel bersama dipimpin oleh Dankor Brimob Irjen Ilham Salahudin dan Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., yang di wakili oleh Kaskormar Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto. Apel ini diikuti oleh 2 SSY Korps Marinir, 1 SSY Korps Brimob, 1 SST Pasus Korps Marinir dan 1 SST Gegana Polri.

Pada kesempatan tersebut Dankor Brimob Irjen Ilham Salahudin mengatakan bahwa komposisi dari sinergitas adalah, terjalinnya komunikasi yang baik, bertukarnya informasi, dan terciptanya kolaborasi. “Kalau kita sudah bersinergi dalam hal apapun, maka tidak ada persoalan yang sulit. Ketika saya memasuki Kesatrian Korps Marinir, satu hal yang terkesan adalah bergembira di daerah tempur, salah satu dari motto Korps Marinir,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Marinir sebagai pasukan pendarat, latar belakang sejarah telah menorehkan bahwa di seluruh yurisdiksi nasional, Korps Komando Operasi Angkatan Laut (KKO AL) yang sekarang bernama Korps Marinir bukanlah Korps yang hanya menjadi pelengkap di Republik ini.

Tetapi mempunyai peran dalam mengawal NKRI, di samping itu bermitra, bersinergi dengan Mobile Brigade yang saat ini bernama Korps Brimob. “Dan saya sebagai generasi penerus Korps Brimob, wajib dan berkepentingan menyampaikan kepada saudara-saudara sekalian di kota Pahlawan ini,” ujarnya.

Sedangkan Kaskormar Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto membacakan amanat dari Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han). Dia mengatakan, apel bersama ini dimaksudkan sebagai sarana untuk menjalin silaturahmi antara Korps Marinir TNI AL dan Korps Brimob Polri. Yakni untuk membangun semangat kebersamaan selaku aparatur negara, yang memiliki peran, dan tugas yang saling berkaitan dalam upaya menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan dan pertahanan nasional agar tetap kondusif.

Perlu dipahami bahwa sebagai anggota Korps Marinir maupun Korps Brimob pasti memiliki kebanggaan Esprit De Corps masing-masing, namun hal ini jangan dijabarkan secara sempit dan tidak mau menerima semangat kebersamaan.

“Kita harus melihat kepentingan yang lebih besar sehingga kita tidak terjebak pada ego sektoral. Rasa bangga dan jiwa korsa yang kita miliki harus diarahkan kepada hal-hal yang bersifat positif, tidak mudah dipengaruhi dan dirusak oleh oknum maupun pihak-pihak lain yang sengaja berupaya membenturkan demi mencapai kepentingannya,” urainya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., Wadan Pasmar 2 Kolonel Marinir Herry Djuhaeri, M.M., Dankolatmar Kolonel Marinir Suliono, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Mauriyadi, Dansat Brimob Polda Jatim Kombes I Ketut Gede Wijatmika S.I.K, para Asisten Danpasmar 2 dan para Dankolak/Satlak Pasmar 2. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar