Peristiwa

Madura Music Daul Carnival Meriahkan Harjad Ke-489 Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Pagelaran Madura Music Daul Carnival yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi (Harjad) Ke-489 Kabupaten Pamekasan, menjadi program kesepuluh dari berbagai rangkaian program yang digelar sejak Senin (14/10/2019).

Program tersebut merupakan penampilan musik tradisional yang mulai populer di era melinium, uniknya jenis musik yang didominasi anak-anak merupakan jenis musik tongtong dengan dikolaborasikan dengan instrumen lain semisal rebana, saronin, gamelan dan lainnya.

Tidak hanya itu, pagelaran yang ditempatkan tepat di depan Hotel Front One di Jl Jokotole, juga diikuti puluhan grup musik daul yang berasal dari empat kabupaten di Madura, yakni Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Peserta Madura Music Daul Carnival saat hendak tampil dalam rangkaian Harjad Ke-489 Pamekasan.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, Totok Hartono, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud) Pamekasan, Achmad Sjaifuddin, serta jajaran lainnya.

“Bismillahirrahmanirrahim, kegiatan Madura Music Daul Carnival 2019 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-489 Kabupaten Pamekasan, secara resmi kami buka,” kata Wakil Bupati Pamekasan, Raja’e di sela-sela sambutan yang disampaikan dalam kegiatan serimonial.

Pagelaran karnaval musik tradisional tersebut, menggunakan rute di sepanjang Jl Jokotole. Dimulai dari kawasan Asem Manis dengan pusat start di depan Hotel Front One, hingga berakhir di Mandhepa Budaya, yakni di depan rumah dinas Wakil Bupati Pamekasan, di Jl Jokotole.

Dalam rangkaian Harjad Ke-489 daerah berslogan Bumi Gerbang Salam, tercatat sebanyak 22 program berbeda yang akan digelar secara maraton hingga beberapa hari kedepan. Masing-masing sebanyak 15 program selama Oktober 2019, serta sebanyak tujuh program pada edisi November 2019.

Rangkaian program selama Oktober 2019, yakni Pamekasan School Fair, Jambore Pemuda Daerah Tingkat Jatim, Festival Budaya Madura, Mekkasan Matoron Arghe, Gebyar Batik Pamekasan Hebat, East Java Climbing Sportaiment, Madura Eksotic Carnival, Seminar International, Malam Kemilau Madura, Gebyar Kolosal 489 Tari Topeng Gettak, Madura Music Daul Fertival, Pekan Budaya Madura, Pamekasan Drumband Carnival, serta Haul Ronggosukowati.

Sementara pada edisi November 2019, masing-masing Lomba PBB Pasukan 8, Kirab Budaya Madura, Run 13K se Jawa Timur, Sinergitas Trail Adventure, Upacara dan Rapat Paripurna, Pesta Rakyat Pamekasan Hebat, serta Gerak Jalan Tradisional Palapa. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar