Peristiwa

Akibat Hujan Deras

Lereng Gunung Wilis Kediri Longsor

Kediri (beritajatim.com) – Hujan deras yang mengguyur kawasan lereng Gunung Wilis di Kediri, Jawa Timur mengakibatkan tebing di Dusun Sugihan, Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri Longsor. Material tanah longsor memutus akses jalan antar dusun.

Lokasi longsor berada di RW 7. Longsor terjadi akibat hujan yang terjadi terus menerus menggerus tebing sisi selatan hingga berguguran dan menutup akses jalan.

Tebing yang longsor cukup curam. Rata-rata berketinggian sekitar 6 hingga 7 meter. Sedangkan longsoran tanah dari tebing tersebut, sekitar 14 hingga 16 meter.

“Jalan masih belum bisa digunakan, nanti kita upayakan secepat mungkin. Ini satu-satunya akses keluar masuk dusun, kalau keluar masuk desa bisa lewat jalur lainnya. Kalau roda dua bisa saja melewati, tapi saya khawatir, pengendara terpeleset, ini masih licin,” kata Kapolsek Mojo, AKP Wahana, Kamis (14/2/2019).

Pihaknya menghimbau, warga tidak melewati jalan di sekitar longsor karena cukup licin berbahaya. Petugas memberikan alterlatif jalan setapak.

“Kalau roda empat, jelas tidak bisa, ini masih sebagian. Nanti sama bapak-bapak Koramil, bapak-bapak Polsek, sama bapak-bapak dari desa sini, diupayakan. Kita bersama-sama gotong royong membuka akses jalan yang tertutup material longsor, pungkas AKP Wahana.

Kepala Desa Blimbing, Jauhari mengatakan, material longsor yang menutup akses jalan selebar sekitar 5 meter dan panjang sekitar 50 hingga 60 meter. Pihaknya memastikan tidak ada laporan korban jiwa dalam musibah ini.

Sampai berita ini diturunkan, khusus kendaraan roda dua sudah bisa keluar masuk melewati jalan tersebut, namun harus ekstra hati-hati. Tetapi untuk roda empat, masih belum bisa. Hal ini dikarenakan jalan tersebut sebagian masih tertutup tanah disertai bebatuan berukuran besar. [nng/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar