Peristiwa

Lahir dengan Kekurangan, Azzam Nur Mu’jizad Mampu Hafal Cepat dan Bersuara Emas

Mojokerto (beritajatim.com) – Meski dilahirkan dengan kekurangan, Azzam Nur Mu’jizad bocah asal Dusun Jatikumpul, Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto memiliki kelebihan. Bocah berusia tujuh tahun yang tak memiliki kelompok mata sejak lahir ini memiliki kemampuan menghafal cepat dan brrsuara emas.

Ibu Azzam, Sholihatin Munawaroh mengaku, awalnya tidak menyangka anaknya memiliki kemampuan menghafal dengan cepat dan bersuara emas. “Sejak kecil, saat Azzam hendak tidur saya putarkan suara Adzan dan Sholawatan,” ungkapnya, Sabtu (12/1/2019).

Hal itu dilakukannya sejak Azzam berumur 1 bulan hingga umur Azzam menginjak 1 tahun, sehingga Azzam fasih melantunkan Adzan dan Sholawatan. Saat memasuki waktu Maghrib dan Isya’, Azzam selalu ikut kakeknya ke masjid untuk sholat berjamaah.

“Azzam juga dipercaya untuk mengumandangkan Iqomah dan melantunkan pujian (Sholawatan). Sholawat yang sering dilantunkan, seperti Irhamna dan Khusnul Khatimah. Azzam juga selalu mengingatkan keluarga agar tak meninggalkan sholat,” katanya.

Tin (sapaan akrab Sholihatin Munawaroh, red), Azzam juga pernah mendapat gelar juara pertama dalam perlombaan menyanyi tingkat Jawa Timur. Karena bakat dan prestasinya, beberapa bulan yang lalu Azzam diundang untuk tampil disalah satu stasiun televisi swasta nasional.

“Di acara TV itu, Azzam menyanyikan lagu berjudul Ibu. Azzam juga hafal seluruh kisah dan peperangan zaman nabi.¬†Biasanya Azzam bercerita kisah para nabi dan perang Badar. Azzam bercerita menggunakan bahasa Arab, Azzam bisa menghafal dalam waktu satu hari,” katanya.

Biasanya, lanjut Tin, Azzam meminta ibunya untuk memutar video kisah nabi dan Perang Badar melalui Youtube. Azzam juga punya cara tersendiri untuk menghafal yakni mendengarkan percakapan cerita sembari mondar-mandir. Azzam mengidolakan Alm Ustadz Jeffry Al Buchori dan Opick.

“Azzam mengidolakan semenjak ayahnya kerap memutar album Alm Ustadz Jefri Al Buchori dan Opick. Azzam hafal lagu satu album dari Alm Ustadz Jefri dan Opick. Satu album dihafalkan Azzam dengan kurun waktu 1 Minggu. Azzam juga hafal album Balasyik Jember,” jelasnya.

Tetapi lagu favorit Azzam yaini ‘Bidadari Surgaku’ karya Alm Ustadz Jefri Allah Buchori. Tembok ruang tamu dihiasi foto-foto Azzam dengan idolanya. Namun, saat ini keinginan Azzam yang belum tercapai yakni berziarah ke makam Alm Ustadz Jefri. Ayahnya berjanji jika mendapatkan rezeki akan mengajak ke makam Alm Ustadz Jefri.

“Ayahnya berjanji, kalau punya rezeki akan diajak ke makam Ustadz Jefri tapi hingga kini belum terlaksana. Azzam tidak ingin disanjung dan dipuja karena, Azzam menganggap hal tersebut akan membuatnya sombong. Jika diajak orang foto bareng, selalu merengek. Katanya yang layak disanjung dan dipuja hanya Allah,” urainya.

Tin menambahkan Azzam sebenarnya tak suka menunjukkan kelebihannya tapi janya kepada orang tertentu saja dia menunjukkan. Azzam yang memiliki cita-cita sebagai komandan Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini, juga hafal Surah An-Nas sampai Surah Al-Lail.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar