Peristiwa

Lagi Bersandar, Perahu Diterjang Banjir Bandang

Tuban (beritajatim.com) – Sebanyak sembilan kapal motor atau perahu milik nelayan yang ada di Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban terhanyut di terjang banjir bandang yang terjadi di Sungai Gesikan yang ada di desa tersebut, Selasa (19/3/2019).

Akibat terbawa arus sungai yang sangat deras itu membuat perahu nelayan itu tenggelam di pinggir pantai utara Tuban itu. Selain itu, banyak perahu nelayan yang rusak akibat dan mesinnya hilang tenggelam di laut saat perahu terhanyut dibawa banjir bandang kiriman itu.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, tenggelamnya sejumlah perahu milik nelayan itu terjadi sekitar pukul 03.00 wib dini hari tadi. Yang mana banjir besar terjadi di Sungai Gesikan yang biasa dijadikan para nelayan Desa Keradenan untuk tempat bersandarnya perahu mereka.

“Banjirnya sekitar jam 2 tadi pagi. Banyak memang perahu yang bersandar di sungai itu,” terang Toni (32), salah satu nelayan Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Tuban.

Banjir kiriman dari wilayah pegunungan di wilayah selatan Kabupaten Tuban itu membuat sungai Gesikan itu tidak mampu menahan volume air. Sehingga, belasan perahu yang sedang bersandar langsung digulung oleh air yang deras itu.

“Airnya besar sekali dibandingkan biasanya. Kemudian terbawa ke laut, dan perahu saya juga ikut tenggelam,” tambah Toni, saat ditemui di kawasan pantai desa tersebut.

Dalam kejadian tersebut, sebanyak lima perahu nelayan tenggelam di laut dan terbawa gelombang dan beberapa perahu lain mengalami kerusakan lantaran saling berbenturan. Selain itu mesin-mesin dari perahu yang hanyut terbawa banjir tersebut juga hilang tenggelam di laut.

“Banyak mesin-mesinnya yang hilang juga. Pas waktu banjir itu kita pas di lokasi, karena mau melaut, tapi ya tidak bisa apa-apa, airnya besar sekali,” ungkap nelayan lainnya.

Sementara itu, hingga saat ini sejumlah nelayan masih berusaha melakukan pencarian lokasi tenggelamnya kapal mereka. Selanjutnya mereka bergotong royong bersama-sama untuk melakukan evakuasi kapan yang terbalik dan tenggelam di laut itu. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar