Peristiwa

Kurang 11 Hari, Dana 10,1 Miliar Untuk Penyelenggaraan Pilkades Serentak Belum Cair

Bupati Ponorogo melantik Kades, Foto/dokumen

Ponorogo (beritajatim.com) –  Ponorogo akan menggelar hajatan besar. Yakni pada 20 Mei nanti akan menggelar pilihan kepala desa (pilkades) serentak di 198 desa. Itu penyelenggaraan  serentak terbanyak dalam sejarah pilkades di Ponorogo.

Tak tanggung-tanggung Pemkab Ponorogo menganggarkan uang sebanyak Rp. 10,1 miliar untuk bantuan pembiayaan penyelenggaraan
pilkades serentak ini.

”Besaran bantuan yang diperoleh desa bervariasi jadi desa satu dengan yang lain berbeda,” kata Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (DPPKAD) Ponorogo Bambang Tri Wahono, Kamis (9/5/2019).

Bambang mengungkapkan besarnya tergantung seberapa banyak warga desa itu sendiri. Namun Dia menyebut, tiap desa memperoleh rata-rata senilai Rp 50 juta. Alokasi bantuan tersebut masuk dalam bentuk bantuan keuangan desa.

”Sudah kami anggarkan, namun sampai saat ini belum ada pengajuan pencairan bantuan pembiayaan penyelenggaraan pilkades itu,” katanya.

Bambang mengaku pihaknya belum menerima pengajuan pencairan dari
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ponorogo untuk 198 desa penyelenggara pilkades tersebut. Karena memang koordinatornya di DPMD itu. Bambang menjelaskan jika alur pencairan pembiayaan tersebut harus melalui DPMD kepada pihaknya. Tidak bisa langsung dari desa penyelenggara.

”Jadi alurnya memang seperti itu,” pungkasnya. [end/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar