Peristiwa

Korban Banjir di Ponorogo Curhat ke Emil Dardak

Ponorogo (beritajatim.com) – Wakil gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak didampingi oleh wakil bupati Ponorogo Sudjarno mengunjungi warga terdampak banjir di dusun Prayungan Kelurahan Paju Ponorogo pada Sabtu (9/3/2019) malam. Saat kunjungannya tersebut, Emil juga menyalurkan sejumlah bantuan.

Dalam kesempatan itu, Emil menanyakan kepada warga, apakah sungai Sekayu yang airnya meluap ada kaitannya dengan bendungan Bendo yang saat ini dalam pembangunan. Kalau berkaitan dan bendungan itu sudah selesai, tentunya akan mengurangi kerawanan banjir di Ponorogo.

”Karena debit air yang tinggi itu selama ini tidak ada penampungan disaat curah hujan tinggi. Diharapkan nanti bendungan bendo ini mampu menampungnya,” katanya.

Selain itu di sungai tersebut mengalami pendangkalan. Pengerukan sebenarnya sudah dilakukan, tetapi masih di daerah hilir. Sedangkan warga menginginkan pengerukan juga sampai di daerah hulu.

”Tentu biaya pengerukan juga tidak sedikit. Selama step by step bergerak ke hulu isya Allah air
semakin lancar,” katanya.

Dalam kunjungannya tersebut, Emil juga mendengarkan keluhan warga. Salah satunya warga mengeluhkan selokan yang kecil. Sehingga saat debit air sungai sudah surut. Air yang masuk kelurahan tersebut tidak serta merta langsung surut secara cepat, karena kecilnya selokan.

”Kami sudah komitmen untuk mengecek. Nanti akan dilebarkan selokannya,” katanya.

Terkait dengan sawah warga yang puso, dia akan berkordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur dan Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo untuk memberikan bantuan.

”Apakah itu dalam wujud benih atau yang lainnya. Setidaknya bisa untuk meringankan beban dari masyarakat petani yang sawahnya juga terdampak banjir,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar