Peristiwa

Kodim 0818 Siap Jadi yang Terbaik di Binter PUSTERAD 2019

Malang (beritajatim.com) – Komando Distrik Militer (Kodim) 0818/Kabupaten Malang-Batu siap bersaing dengan 13 Kodim tipe B lain se Indonesia untuk meraih yang terbaik dalam lomba pembinaan teritorial (Binter) tingkat Pusat Tentara Angkatan Darat (PUSTERAD) tahun 2019.

Ketua Tim penilai Binter Pusterad tahun 2019, Kolonel Inf. Taufiq Shobri menyampaikan, pihaknya datang ke Kodim 0818 ini selain silaturahmi juga untuk melakukan penilaian Binter PUSTERAD tahun 2019.

“Kodim 0818 ini merupakan Kodim tipe B yang akan dilombakan untuk tingkat Nasional. Kodim 0818 ini akan berlomba dan bersaing dengan 13 Kodim tipe B Kota/Kabupaten seluruh Indonesia,” ungkap Shobri, Senin (8/7/2019).

Dalam lomba Binter PUSTERAD tingkat Pusat tahun 2019 ini, lanjut Shobri, ada beberapa aspek yang akan dinilai.

“Yang kami nilai adalah aspek program dan non program serta (Bimbingan Satuan) Binsat khususnya dalam improvisasi maupun implementasi pelaksanaan pembinaan teritorial kodim di wilayah sini,” tegasnya.

Dalam penilaian ini, kata Shobri, berbagai penilaian telah dilakukan mulai dari pembinaan kesatuan, pembinaan pangkalan, komunikasi serta interaksi dengan masyarakat, serta berbagai instansi dan jajaran lain.

“Jadi kami akan menilai bagaimana kinerja Kodim 0828 termasuk interaksi dengan masyarakat, kemudian jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) maupun kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketentraman di wilayahnya masing-masing,” bebernya.

Sementara itu, Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad menambahkan, saat ini pihaknya ditunjuk Komando Resort Militer 083/Baladhika Jaya (Korem 083/BDJ) untuk mewakili Komando Daerah Militer V/Brawijaya (Kodam V/Brw) untuk mengikuti lomba Binter tingkat pusat.

“Lomba Binter merupakan kegiatan rutin dilakukan dua tahun sekali, yang merupakan program Pusat teritorial Angkatan Darat, dengan materi yang dilombakan antara lain Binter Program, Binter non program dan pola Pembinaan satuan,” terang Ferry.

Ferry menambahkan, pihaknya siap bersaing dengan 13 Kodim lain di Indonesia yang dinilai untuk meraih sukses.

“Kami sudah siap untuk dinilai tim penilai Binter, mulai dari administrasi, kinerja anggota hingga ke Banbinsa serta koordinasi maupun kemanunggalan TNI dengan rakyat selama ini,” pungkasnya. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar