Peristiwa

Amankan Pemilu 2019

Kodim 0818/Kabupaten Malang-Batu Siapkan 1400 Personel

Malang (beritajatim.com) – Menjelang Pemilu Pilleg dan Pilpres 2019, Komando Distrik Militer 0818/KabupatenMalang-Batu menggelar apel Pasukan dalam rangka pengamanan tahapan pemungutan suara Pilpres dan Pilleg 2019 di Halaman Markas Kodim 0818 Kabupaten Malang-Batu, di Kepanjen, Selasa (16/4/2019).

Komandan Kodim 0818/Kabupaten Malang-Batu, Letkol Inf Ferry Muzzawad mengatakan, dalam pengamanan Pelaksanaan pemilu 2019 ini, seluruh matra yang ada yakni TNI AD, TNI AU dan TNI AL dari beberapa kesatuan yang ada di Malang Raya siap mengamankan Pemilu 2019.

“Prosenel gabungan tersebut yang berjumlah 1400 pasukan, mereka akan membantu tugas kepolisian dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2019. Mereka kami BKO kan ke Polres Malang,” ungkap Ferry usai gelar pasukan.

Ferry menjelaskan, pihaknya dalam pengamanan pelaksanaan pemilu 2019 ini hanya bertugas untuk membantu pihak kepolisian.

“Seluruh pasukan TNI nantinya dibawah komando dari Kapolres Malang. Mereka akan diarahkan oleh pihak kepolisian. Kendati demikian, kami instruksikan kepada seluruh pasukan untuk tetap meningkatkan kewaspadaannya,” tegas Ferry.

Ferry melanjutkan, pihaknya juga memaksimalkan peran Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam rangka menangkal informasi hoaks yang berpotensi terjadi selama pelaksanaan tahapan Pemilu 2019.

“Potensi hoaks atau informasi yang berkembang sangat memungkinkan terjadi selama Pemilu 2019. Maka dari itu, saya perintahkan Babinsa untuk terlibat aktif menangkal adanya berita hoaks,” jelasnya.

Sebab, tambah Ferry, dengan adanya berita hoaks atau berita bohong bisa menyebabkan konflik yang melibatkan pendukung maupun simpatisan para pasangan calon dan caleg.

“Kami menginstruksikan kepada seluruh jajaran, supaya aktif dalam melakukan koordinasi tiga pilar dan juga tokoh masyarakat di masing-masing wilayah,” pungkasnya. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar