Peristiwa

Kodim 0809 Kediri Bantu Air Bersih Warga Lereng Gunung Klotok

Kediri (beritajatim.com) – Krisis air akibat kemarau panjang di lereng Gunung Klotok, Kota Kediri masih terus terjadi. Komando Distrik Militer (Kodim) 0809 Kediri memberikan bantuan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari warga.

Setidaknya 1 truk tangki air dan tandon air dengan kapasitas belasan ribu liter yang dikirim Kodim 0809 Kediri melalui Koramil Mojoroto. Bencana kekeringan terjadi di RT 22 dan RT 23 Kelurahan Pojok, Kecamatan Moroto Kota Kediri, sejak 1 bulan terakhir.

Kemarau panjang pada tahun ini, mengakibatkan debet sumber air tretes mengecil. Padahal selama ini warga mengandalkan air tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari hari mereka.

Menurut Rois, Ketua RT 22, ada sekitar 80 di wilayahnya yang terdampak kekeringan. “Warga manfaatkan air sungai untuk mandi dan cuci pakaian, namun untuk kebutuhan konsumsi harus menunggu dropingan air dari pemerintah dan relawan,” kat Rois.

Sementara itu Komandan Koramil Mojoroto Kediri, Kapten CZI Muchlasin mengatakan, bantuan air diberikan setelah melihat kondisi warga yang sangat membutuhkan. Pihak Kodim 0809 akan terus mendroping air bersih untuk kebutuhan warga bersama intansi lain.

Untuk diketahui, lebih dari satu bulan terakhir, krisis air menimpa 300 kepala keluarga di lereng Gunung Klotok. Musibah ini baru pertama kali terjadi, karena musim kemarau yang berkepanjangan. [nng/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar