Peristiwa

Kiai Tolchah Hasan adalah Pendiri Kampus Terbesar NU

Malang (beritajatim.com) – Kabar duka datang dari sosok kiai karismatik M Tolchah Hasan mantan Menteri Agama RI era Presiden Abdulrahman Wahid atau Gus Dur. Tolchah meninggal dunia pada pukul 14.10 WIB di Rumah Sakit Saiful Anwar, Kota Malang, Rabu (29/5/2019).

Selain mantan menteri agama, Tolchah juga merupakan sosok yang berpengaruh di dunia pendidikan. Dia merupakan pendiri kampus terbesar Nahdatul Ulama (NU), yakni Universitas Islam Malang (Unisma). Jabatan terakhir di Unisma adalah ketua dewan pembina Unisma.

Rektor Unisma, Masykuri Bakri mengenang sosok Tolchah Hasan sebagai kiai yang peduli terhadap dunia pendidikan selain pernah aktif di pemerintahan. Pesan yang diingat dari sosok Tolchah adalah persatuan dan kerukunan terutama di dunia pendidikan.

“Pokoknya semua diminta rukun semuanya menjaga ketentraman terutama di dunia pendidikan. Beliau ini orang yang selalu memberikan solusi dan alternatif-alternatif. Beliau sendiri sudah bilang telah melangkahkan kaki di dunia pendidikan,” papar Masykuri.

Sementara itu, usai dari RSSA jenazah Tolchah Hasan bakal dibawa ke Unisma dan dilakukan salat jenazah di Masjid Ainul Yaqin, Unisma. Setelah itu dibawa ke Masjid Sabillilah Kota Malang, dan dibawa ke rumah duka di Singosari, Kabupaten Malang. Jenazah rencanannya di makamkan di Pondok Pesantren Bungkuk, Singosari pada pukul 20.00 WIB. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar