Peristiwa

Arus Mudik 2019

Khofifah Berangkatkan Pemudik Gratis Kereta Api

Surabaya (beritajatim.com) – Secara resmi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan pemudik dalam program Mudik Gratis dengan moda Kereta Api di Stasiun Gubeng Surabaya, Senin (3/6/2019).

Usai memberangkatkan pemudik gratis menggunakan bus dan kapal api, Khofifah memberangatkan dua kereta, yaitu KA Penataran relasi Surabaya – Blitar (via Malang) dan KA Dhoho relasi Surabaya – Blitar (via Kertosono).

Khofifah menjelaskan kapasitas mudik balik gratis yang disediakan Pemprov Jatim untuk moda kereta api sebanyak 166.498 orang. Selain itu 141 perjalanan kereta api.

Layanan mudik dan balik gratis ini berlangsung selama 14 hari (8 hari mudik dan 6 hari balik), mulai tanggal 28 Mei – 12 Juni 2019. “Sampai dengan 3 Juni 2019 telah diberangkatkan sebanyak 73.718 orang menggunakan layanan KA gratis,” jelasnya.

Mantan Menteri Sosial ini menyampaikan, khusus untuk angkutan mudik gratis setiap hari memberangkatkan 14 perjalanan. Yakni 4 KA Dhoho Surabaya – Blitar (via Kertosono), 4 KA Penataran Surabaya – Blitar (via Malang), 1 KA Probowangi Surabaya – Banyuwangi, 1 KA Tawangalun Malang – Banyuwangi, 1 KA Tumapel Surabaya – Malang, 1 KA lokal Sidoarjo – Bojonegoro, 2 KA lokal Surabaya – Kertosono.

Menurutnya, mudik balik gratis ini merupakan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama mudik dan balik lebaran. ” Program mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Jatim merupakan bentuk terimakasih kepada masyarakat Jatim yang telah berkontribusi besar bagi Jatim,” jelasnya.

Sementara itu Kadishub Fattah Jasin mengatakan untuk hari ini ada dua kereta api gratis yang diberangkatkan. Menurutnya selisihnya hanya 10 menit. “Memang untuk jadwal kita menyesuaikan dengan PT KAI. Kita tidak bisa mengatur sendiri seperti bus atau kapal laut,” jelasnya. [way/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar