Peristiwa

Khawatir Serang Guru dan Siswa, Sarang Tawon Ndas di Sekolah Dimusnahkan

Tuban (beritajatim.com) – Pasca adanya insiden seorang warga yang meninggal dunia di Desa Kenongosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban akibat diserang ratusan Tawon Ndas membuat sejumlah warga semakin waspada dengan keberadaan sarang Tawon Ndas yang bisa mengancam sewaktu-waktu.

Sejumlah guru dan juga siswa yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Abdi Negara Tuban dibuat resah dengan keberadaan sarang Tawon Ndas yang ada di pohon halaman sekolah itu.

Pihak guru kemudian melaporkan adanya Tawon Ndas itu yang kemudian langsung dilakukan oleh tim BPBD Tuban dengan memusnahkan sarang tawon itu.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, keberadaan sarang tawon yang ada di pohon Ketapang di halaman sekolah itu sudah diketahui beberapa bulan lalu. Keberadaan sarang tawon itu semakin hari semakin membesar dan kini ukuran sarang tawon tersebut sudah seukuran kepala orang dewasa.

“Kira-kira sarang Tawon Ndas itu sudah ada sekitara 2 sampai 3 bulanan, ukurannya sudah sebesar kepala manusia dewasa. Alhamdulillah belum ada korban, tapi kita tetap khawatir juga,” ujar Masrondi, salah satu guru yang berada di SMK Abdi Negara jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Tuban, Jumat (29/11/2019).

Lantaran merasa resah dan khawatir dengan keberadaan sarang Tawon Ndas itu, pihak sekolah akhirnya juga melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban supaya dilakukan tindakan. Yang mana para guru merasa khawatir jika sewaktu-waktu ribuan tawon itu menyerang guru maupun pelajar.

Sementara itu, petugas dari BPBD Tuban yang mendapat laporan itu langsung turun lapangan untuk melakukan penanganan keberadaan Tawon Ndas itu. Petugas yang datang langsung melakukan pembakaran sarang Tawon Ndas yang menggantung di pohon di halaman SMK tersebut.

Untuk melakukan pemusnahan Tawon Ndas petugas menyiapkan peralatan api dengan menggunakan LPG dan juga menyiapkan satu unit kendaraan PMK. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, petugas BPBD Tuban sudah berhasil memusnahkan sarang Tawon yang ada di halaman sekolah itu.

“Kami harapkan masyarakat segera melapor jika ada koloni Tawon Vespa (Tawon Ndas). Karena berbahaya sengatannya,” terang M Taufiq, Kasi Kedaruratan BPBD Tuban setelah melakukan penanganan sarang tawon tersebut.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar