Peristiwa

Kemendikbud RI Bakal Siapkan Anggaran untuk Situs Sekaran Malang

Malang(beritajatim.com) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Efendi meninjau langsung Situs Sekarang, di kilometer 37 seksi lima proyek jalan tol Malang-Pandaan di Desa Sekarpuro, Kabupaten Malang, pada Jumat, (5/4/2019).

Muhadjir menyebut pihaknya bakal menyiapkan dana khusus untuk proyek eskavasi lanjutan Situs Sekaran. Langkah terdekat adalah melakukan komunikasi dengan Pemprov Jatim dan Pemkot Malang maupun Pemkab Malang.

“Anggaran sudah kita alokasikan dari Kemendikbud pusat. Kita lihat nanti (kebutuhan anggaran) belum kita pastikan,” kata Muhadjir.

Muhadjir mengatakan usai Badan Peninggalan Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur melakukan eskavasi awal. Rencananya eskavasi tahap kedua bakal dilanjutkan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Jakarta.

“Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, yang akan melanjutkan. Kemudian nanti dilakukan langkah lanjutan dengan riset, dan penelitian oleh tim Kementerian Kebudayaan. Karena proses eskavasi belum selesai,” papar Muhadjir.

Hasil eskavasi pertama oleh BPCB Trowulan, diduga Situs Sekaran merupakan bangunan suci menyerupai kedaton maupun pertirtaan. Dugaannya berasal dari zaman Pra Majapahit.

“Eskavasi termasuk merekonstruksi, baik rekonstruksi bangunan maupun sejarahnya. Sehingga akan kita cari mata rantai sejarah peradaban bangsa Indonesia khususnya yang berkembang di Malang dan sekitarnya,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar