Peristiwa

Kemarau Melanda, Warga di Ponorogo Mulai Berlangganan Air PDAM

Direktur PDAM Tirta Dharma Ponorogo Lardi.(foto : Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Musim kemarau yang melanda saat ini, bisa jadi menjadi berkah kepada PDAM Tirta Dharma Ponorogo. Pasalnya masyarakat banyak yang daftar menjadi pelanggan PDAM. Biasanya dalam sebulan itu ada sekitar 50 pelanggan baru. Nah musim kemarau ini sebulan sudah ada 100 pelanggan baru. Mereka tersebar di wilayah kota dan kecamatan pinggiran.

“Kenaikan pelanggan baru mencapai 50 persen di musim kemarau ini. Pendaftar menyeluruh disemua wilayah di Ponorogo baik kota maupun kecamatannya,” kata Direktur PDAM Tirta Dharma Ponorogo Lardi, Kamis (10/10/2019).

Banyaknya warga yang mendaftar menjadi pelanggan PDAM itu, disinyalir berkurangnya sumber air milik warga. Disatu sisi masyarakat juga semakin paham dengan lingkungan. Mereka mulai kritis akan kesehatan air yang digunakan. Makanya banyak yang beralih, sebab sudah diketahui masyarakat jika air yang dari PDAM kualitasnya terjaga. “Bahkan setiap tiga bulan sekali, kami lakukan uji laboratorium kandungan air PDAM,” ungkap Lardi.

Tahun depan, kata Lardi sudah masuk list 1000 – 1500 pelanggan yang dipasang jaringan air PDAM. Lardi memyebut jika 100 pelanggan baru yang saat ini pasang, merupakan pelanggan reguler dan non reguler. Pemasangan pelanggan reguler biayanya Rp. 500 ribu. Sedangkan non reguler didanai dana hibah oleh pemerintah pusat. Namun meski begitu, non reguler untuk pemasangan sambungan tetap membayar senilai Rp. 100 ribu. “Begitupun rekening airnya juga tetap membayar setiap bulannya,” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar