Peristiwa

Kecamatan Dander, Daerah Baru Rawan Genangan Banjir

Bojonegoro (beritajatim.com) – Sejumlah rumah dilaporkan tergenang air setelah hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Bojonegoro, kemarin malam. Air yang tidak bisa mengalir dengan lancar itu menggenangi rumah setinggi 5 sampai 30 centimeter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro Nadif Ulfiah menyatakan dari hasil assessment yang dilakukan oleh TRC, banjir disebabkan karena hujan dengan intensitas tinggi. Banjir genangan yang terjadi di Kecamatan Dander ini baru akhir-akhir ini terjadi. “Jadi bukan banjir bandang, tapi banjir genangan karena hujan dan pemukiman lebih rendah dari jalan raya,” ujarnya, Sabtu (12/1/2019).

Dampak terjadinya banjir salah satunya jalan raya jurusan Bojonegoro – Nganjuk tergenang dengan ketinggian 5-30 centimeter dengan panjang jalan tergenang kurang lebih 300 meter. Sedangkan rumah yang tergenang sekitar 11 rumah.

Genangan air saat hujan itu muncul diduga karena sistem drainase di sekitar perumahan tersebut kurang lancar. Sebanyak 11 rumah yang tergenang banjir itu berada di Perumahan Citra Regency, enam rumah di blok BB, milik Agus, Eko, Mas Win, Tama, Apri dan Anton.

Sedangkan, satu rumah di blok BC milik Sitanggang dan empat rumah di blok CD milik Pendik, Mbak Tini, Mbak Santi dan Mbak Nindi. Warga yang rumahnya tergenang tersebut mulai mengevakuasi barang-barang untuk dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi.

Anggota TRC BPBD Bojonegoro bersama perangkat desa yang melakukan pendataan rumah tergenang masih menghitung kerugian akibat banjir tersebut. Pihaknya mengimbau masyarakat supaya selalu waspada terhadap potensi bencana disekitar tempat tinggalnya. [lus/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar