Peristiwa

Kebakaran Semakin Kerap Terjadi di Bojonegoro

Proses pemadaman rumah yang terbakar oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro (beritajatim.com) – Kasus kebakaran yang terjadi di Kabupaten Bojonegoro kerap terjadi. Baik kebakaran rumah maupun hutan dan lahan. Data dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro, hingga September 2019 peristiwa kebakaran sudah terjadi sebanyak 122 kali. Jumlah tersebut meningkat jika dibanding dengan tahun 2018 sebanyak 116 kali.

Kepala Bidang Pemadaman, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro Sukirno mengatakan, kasus kebakaran pada September sebanyak 30 kali, Agustus 26 kali dan Juli 24 kali. Kasus kebakaran itu terjadi pada musim kemarau. Pada musim kemarau ini, kasus kebakaran lebih banyak terjadi dibanding pada saat musim penghujan.

Seperti yang terjadi kemarin, kebakaran rumah di Dusun Deru Timur RT 06 RW 01 Desa Deru Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Rumah milik Sarji (54) terjadi sekitar pukul 10.00 WIB, pemadaman dilakukan secara tradisional oleh warga sekitar dan dua unit mobil pemadam. Namun, api sudah menghanguskan rumah beserta perabotannya.

“Taksir kerugian akibat kejadian itu sekitar Rp 32 juta, karena bangunan rumah seluas 6×9 meter dan perabotan dapur terbakar. Penyebabnya diduga dari kebocoran gas elpiji dari regulator,” ungkapnya, Minggu (22/9/2019).

Sementara, beberapa waktu lalu Polres Bojonegoro bersama dengan instansi terkait melakukan rapat koordinasi dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli mengatakan, tujuan dari Rapat Koordinasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2019 ini untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam upaya penanganan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bojonegoro.

“Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab bersama dari seluruh stakeholder yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro,” ungkapnya. [lus/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar