Peristiwa

Kebakaran Gunung Ranti Menjalar ke Kawah Ijen

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kebakaran tak hanya melanda Gunung Ranti, tapi api membesar dan menjalar ke Gunung Kawah Ijen yang berada di sebelahnya. Kejadian ini mulai terlihat sekitar pukul 13.00 WIB. Kebakaran disebabkan adanya terpaan angin yang cukup kencang.

Api membesar, dan membakar hampir seluruh hutan di lereng gunung setinggi 2.443 Mdpl. Bahkan, api membakar di kawasan Paltuding.

“Ya, api juga membakar di TWA Kawah Ijen. Ada badai di sana. Sehingga api cepat menyambar. Kita pantau jika memang membahayakan pendakian ya kita perpanjang penutupan. Sementara untuk pemadaman, akses menuju Widodaren sangat sulit. Kita hanya batas memantau dan mewaspadai,” kata Kepala Resor TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo, Minggu (20/10/2019).

Kebakaran itu, kata Sigit, bermula dari wilayah Widodaren imbas dari loncatan api di kawasan petak 86 ke petak 87. Api cepat merambat karena didorong dengan kencangnya angin di kawasan tersebut.

“Tak hanya terbakar, beberapa pohon tumbang karena badai juga menjadi kendala. Dari Paltuding ke pos Bunder ada 5 pohon besar dan kecil yang patah. Sangat membahayakan mendakian,” pungkasnya. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar