Peristiwa

Kebakaran Gunung Panderman Menyisahkan Lereng Sisi Timur

Malang(beritajatim.com) – Kebakaran Gunung Panderman, Kota Batu mulai bisa dikendalikan. Dua titik di puncak dan sisi utara berhasil di kendalikan, sementara pada sisi timur masih terkendala medan yang curam karena kemiringan tebing mencapai 60 derajat lebih.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan data terbaru masih seluas 60 hektare lahan yang terbakar, dia masih menunggu laporan termutakhir dari tim yang ada di lokasi. Di sisi timur ada dua titik api kecil yang belum bisa dipadamkan.

“Sisi puncak dan utara bisa dikendalikan. Yang belum sisi timur ada dua titik api kecil disana. Kendala disana sangat curam, tidak mudah dijangkau oleh tim gabungan pemadam kebakaran Gunung Panderman,” kata Rochim, Selasa, (23/7/2019).

Rochim mengungkapkan, untuk mengendalikan api di sisi timur, tim gabungan menerjunkan 3 regu. Tim inilah yang diharapkan mampu mengendalikan titik api yang belum terjangkau.

Pada hari kedua operasi pemadaman tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Perhutani, TNI, Polri, dan relawan dari berbagai komunitas menambau jumlah personel. Dari 150 orang menjadi 250 orang. Tim gabungan sejauh ini memadamkan api dengan proses konvensional yakni menggunakan alat berat sabit dan cangkul.

“Tiga metode yakni, sekat bakar, ilaran, dan bakar balik juga kesulitan karena medan yang curam. Untuk itu kami menambah personel dari 150 orang menjadi 250 orang,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar