Peristiwa

Kebakaran di Gunung Ijen Cukup Parah, BPBD Banyuwangi Lakukan Isolasi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kebakaran yang melanda kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen cukup parah. Api melahap hampir seluruh kawasan lokasi favorit pariwisata di Banyuwangi itu.

Tidak hanya di puncak, api juga sampai membakar sekitar lokasi Resort BKSDA di Paltuding. Bahkan, api menghanguskan sebuah gudang penyimpanan dan tempat penimbangan belerang yang berada di sekitar Paltuding.

Besarnya api dan kondisi medan di lokasi itu, membuat kebakaran sulit dijinakkan. Bahkan, sejumlah petugas baik dari BKSDA, TNI, BPBD Banyuwangi maupun warga mengaku sampai saat ini belum bisa melakukan pemadaman.

“Sebab wilayah yang terbakar sangat sulit untuk dijangkau. Upaya pemadaman sementara masih dilakukan secara manual yaitu memukul kobaran api dengan dahan,” jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam, Minggu (20/19/2019).

Meski demikian, pihaknya terus melakukan upaya untuk meminimalisir kebakaran semakin meluas.

“Sementara PMK mini juga dikerahkan memadamkan api di pinggir jalan dan area terjangkau. Peralatan sangat minim untuk memadamkan api yang besar seperti ini. Kalau melakukan penanganan dengan cara manual tidak memingkinkan dan membahayakan,” jelasnya.

Malam ini, kata Eka, pihaknya akan menerjunkan mobil damkar untuk pemadaman. Meskipun, kondisinya sulit untuk mendapat suplai air.

“Pada malam hari ini kita akan coba bawa Damkar untuk pemadaman. Ini tidak melakukan pemadaman keseluruhan tapi hanya isolasi saja,” pungkasnya. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar