Peristiwa

Kantor BFI Tuban Digeruduk Massa GMBI, Ini Sebabnya

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah massa yang berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Tuban mendatangi kantor BFI Finance Cabang Tuban yang ada di jalan Letda Sucipto, Kota Tuban, Sabtu (29/6/2019) malam.

Aksi dari belasan massa anggota GMBI Tuban itu dilakukan sebagai upaya protes dan tidak terima dengan adanya proses penarikan kendraan mobil yang dilakukan finance itu. Pasalnya dalam proses penarikan dinilai menyalahi prosedur dan tidak ada surat apapun kepada nasabahnya.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com di lapangan, aksi massa dengan menggeruduk kantor BFI Cabang Tuban itu berawal saat pihak dari lembaga pembiayaan itu melakukan penarikan mobil nasabahnya. Mobil itu yang dilakukan penarikan itu diketahui milik Suyanto, warga Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

“Penarikan mobil itu dilakukan di halaman Bravo. Bukan di rumah pemiliknya,” ujar Jatmiko, selaku Sekretaris GMBI yang ikut mendatangi kantor BFI Tuban itu.

Massa GMBI saat berada di sekitar kantor BFI Cabang Tuban

Jatmiko menambahkan, jika dalam proses pengambilan kendaraan mobil Alya dengan nomor polisi S 1408 AO yang dinilai masih dalam masa kontrak kredit itu diduga menyalahi prosedur. Pasalnya tidak ada surat apapun dalam proses pengambilan mobil oleh collector dari BFI dan mobil langsung dibawa ke kantor BFI Cabang Tuban.

“Penarikan sudah menyalahi prosedur, tidak ada surat apapun yang diberikan. Kita tidak mempermasalahkan tunggakannya, narik kendaraan sah-sah saja asal sesuai prosedur,” ungkap Jatmiko, saat berada di halaman kantor BFI Tuban.

Sejumlah massa dari GMBI tersebut langsung masuk ke dalam kantor BFI Tuban untuk menanyakan perihal penarikan mobil milik Suyanto tersebut kepada pihak bank sebagai lembaga pembiayaan itu. Yang mana mobil Alya warna putih sudah berada di dalam gudang bagian belakang kantor BFI Cabang Tuban tersebut.

Guna menghindari terjadi keributan, petugas dari Sat Reskrim Polres Tuban yang mendapatkan laporan langsung mendatangi kantor BFI Cabang Tuban tersebut. Petugas kepolisian kemudian mengamankan unit kendaraan yang disita pihak bank tersebut untuk dibawa ke Polres Tuban untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Sementara itu, pihak dari Bank BFI Cabang Tuban belum memberikan keterangan resmi terkait dengan adanya massa GMBI yang meluruk kantor finance itu. Saat dikonfirmasi beritajatim.com, Kepala Cabang BFI Tuban masih memberikan jawaban singkat dan meminta menunggu sebentar.

“Bentar mas thohar,” jawab singkat Sigit, Kepala Cabang BFI Tuban saat dikonfirmasi beritajatim.com. [mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar