Peristiwa

Kali Lamong Meluap Lagi, Tiga Desa di Gresik Terendam Banjir

Gresik (beritajatim.com) – Tiga desa yang berada di wilayah Kecamatan Balongpanggang, Gresik terendam banjir setinggi 30 hingga 50 centimeter. Banjir tersebut diakibatkan meluapnya Kali Lamong pasca tingginya curah hujan akhir-akhir ini. Ketiga desa itu adalah Desa Ngampel, Sekarputih, dan Wotansari.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Ahmad Nur Qomari mengatakan, semula air yang meluap dari Kali Lamong menggenangi jalan poros desa. Tepatnya, di dusun Ngebrak setinggi 40 centimeter sepanjang 700 meter.

“Saat ini air yang meluap sudah masuk ke Desa Wotansari. Dimana, jalan poros desa tersebut terendam air setinggi 30 hingga 50 centimeter,” katanya, Selasa (26/03/2019).

Selain dua desa itu kata Nur Qomari, desa yang berdekatan yaitu Desa Sekarputih juga turut tergenang. Ada enam rumah milik warga yang terdampak akibat meluapnya Kali Lamong. “Rumah warga yang terdampak ketinggian airnya antara 20 hingga 50 centimeter,” ujarnya.

Salah satu rumah warga yang terdampak banjir Sanipah (53) menuturkan, dirinya tidak menyangka rumahnya terendam banjir. Padahal, belum pernah ada air sampai masuk ke rumahnya meski Kali Lamong meluap. “Saya dan suami menyelamatkan barang-barang berharga yang ada di dalam rumah mumpung airnya belum tinggi,” pungkasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar