Peristiwa

Jokowi Janji Sertifikasi Perhutanan Sosial di Banyuwangi Selesai 2 Bulan

Banyuwangi (beritajatim.com) – Usai kampanye di Taman Blambangan, Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa ribuan simpatisan di RTH Kedayunan, Kecamatan Kabat sebelum bergerak ke Jember melalui Bandara Banyuwangi.

Rombongan Jokowi ditunggu massa yang berasal dari para pesanggem di kawasan hutan yang tersebar mulai dari Tegladlimo hingga Pesanggaran, kalibaru dan Songgon.

Melihat masa tersebut, jokowi turun dari mobil dan disambut histeria warga yang sudah berkumpul sejak pagi ini. Momen bertemu ini dimanfaatkan betul oleh para pendukungnya.

Seperti tujuan awal, mereka memohon agar pengajuan Perhutanan Sosial di Banyuwangi terealisasi.

Tanpa pikir panjang, Jokowi berkomitmen menyelesaikan sertifikasi lahan pengelolaan warga hutan dalam waktu dua bulan. ‘’Beri saya waktu dua bulan,” terangnya, Senin (25/3/2019).

Pidato yang cukup singkat tersebut menjadi obat bagi warga di kawasan hutan yang saat ini tengah menunggu SK Perhutanan Sosial tersebut diturunkan. Usai menyampaikan pernyataan tersebut, Jokowi langsung bergerak melanjutkan perjalanan sembari menjadi rebutan warga untuk bersalaman.

Pendampingan pengajuan Perhutanan Sosial sendiri saat ini dilakukan oleh relawan Jokowi Semut Ireng. Kelompok relawan yang berbasis di Solo ini melakukan pendampingan kepada para petani atau penggarapa hutan sejak dua tahun ini.

Saat ini semua mekanisme sudah dilakukan dan tinggal menunggu tanda tangan presiden.

‘’Kami hanya mengantarkan warga, mereka yang punya kehendak,” ucap Hendry Julian, dari relawan Semut Ireng Banyuwangi. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar