Peristiwa

Jembatan Penghubung Antar Kabupaten Putus

DPRD Desak Pemkab Mojokerto Segera Lakukan Perbaikan

Mojokerto (beritajatim.com) – Komisi C Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mojokerto mendesak Pemkab setempat segera melakukan perbaikan jembatan penghubung antar kabupaten di Desa Talun Blandong, Kecamatan Dawarblandong.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Mojokerto, Aang Rusli Ubaidillah mendesak agar Pemkab Mojokerto dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) segera melakukan perbaikan jembatan penghubung antara Dusun Talunblandong dan Talun Brak.

“Jembatan semi permanen putus karena debit air anak Kali Lamong naik. Jika jembatan itu milik Pemkab Mojokerto, maka kami mendesak agar pihak PUPR segera memperbaikinya. Sebab, ada anggaran dana perbaikan jembatan,” ungkapnya, Jumat (29/3/2019).

Masih kata politisi Partai Demokrat ini, namun jika jembatan tersebut milik desa maka pihaknya menyarankan agar pihak desa berkoordinasi dengan Komisi C DPRD Kabupaten Mojokerto. Pihak Komisi C akan berupaya mencari solusi terkait perbaikan jembatan tersebut.

“Bila APBD Desa tak cukup, kami merekomendasikan untuk meminta BK-Desa atau melakukan pengusulan perbaikan ke Dinas PUPR. Jembatan harus segera diperbaiki karena jika tidak kunjung diperbaiki bisa mengganggu aktivitas dan perekonomian warga. Selain itu, anak-anak sekolah pun juga ikut terganggu,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pemeliharaan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto, Andi Hermawan mengatakan, jembatan tersebut milik desa sehingga perbaikan jembatan menggunakan anggaran dari BK-Desa. “Pihak PUPR hanya bisa membantu menyediakan alat berat untuk perbaikan jembatan,” ujarnya.

Menurutnya, pihak desa sudah meminta kepada PUPR besi penopang jenis WF dengan ukuran 12 m untuk mengganti besi penopang yang rusak. Namun, pihaknya belum bisa menjanjikan ketersediaan besi WF. Pasalnya pengadaan besi WF juga belum ada. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar