Peristiwa

Jembatan di Jalur Provinsi Ambles, Arus Kendaraan Dialihkan

Tuban (beritajatim.com) – Sudah sejak beberapa hari terakhir, kondisi jembatan Ngragas yang berada di jalan raya Jatirogo-Bojonegoro, Desa Suciharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban rusak parah lantaran ambles dan nyaris putus, Minggu (7/4/2019).

Amblesnya jembatan yang merupakan akses jalur alternatif penghubung Jawa Timur-Jawa Tengah itu diduga akibat tiang jembatan yang patah. Hal tersebut membuat kendaraan besar dan kendaraan barang, serta bus dilarang melintas di jalan provinsi itu.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, jembatan itu ambles dengan kedalaman sekitar 40 sentimeter. Adapun panjang jalan yang mengalami kerusakan dengan kondisi membahayakan itu sekitar 5 meter dan memakan separuh badan jalan. “Kami sudah melakukan pengecekan. Amblesnya jalan ini sekitar 40 centimeter,” terang Kapolsek Parengan AKP Basir.

Amblesnya jalan raya yang sudah diisi dengan pedel itu diduga kuat lantaran tiang penyangga di jalan provinsi itu putus. Sementara, putusnya tiang penyangga itu diduga akibat bagian bawah tiang jembatan di sungai tersebut terkikis banjir selama musim hujan. “Amblesnya jalan itu karena penyangga jembatannya putus. Akibat kejadian itu, jalan yang bisa dilewati tinggal 2 meter,” tambahnya.

Sementara itu, Polsek Parengan memasangan Police Line di lokasi, yakni di pinggir jembatan yang ambles tersebut. Selain itu petugas kepolisian bersama Bina Marga telah memasang pemberitahuan larangan untuk melintas di jembatan Ngragas.

“Kita telah membuat imbuan kendaran berat dilarang masuk jembatan Ngragas. Untuk kendaraan berat yang dari Rembang dialihkan lewat Bancar dan yang dari Bojonegoro dialihkan lewat Soko,” pungkasnya. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar