Peristiwa

Jemaah Haji Gresik Dapat Pelayanan Istimewa dari Pemerintah Arab Saudi

Wakil Bupati Gresik M Qosim saat menyambut kedatangan jemaah haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Kamis (5/9/2019). [Foto: manik priyo prabowo]

Surabaya (beritajatim.com) – Jemaah haji kloter (kelompok terbang) 55, 56 dan 57 sudah tiba di Debarkasi Surabaya, Kamis (5/9/2019). Tak seperti kloter sebelumnya, jemaah haji asal Kabupaten Gresik ini terlihat membawa buket bunga segar.

Menurut jemaah haji, buket bunga tersebut diberikan oleh petugas saat memasuki Bandara Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah secara gratis.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Gresik, Firdaus menjelaskan, tiga kloter tersebut menjadi rombongan yang spesial. Karena terpilih menjadi kloter pertama di Debarkasi Surabaya yang mendapatkan layanan fast track imigrasi dan bagasi yang disebut pertama di Bandara Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah.

“Kloter 55 sampai 57 yang datang hari ini mendapatkan layanan fast track imigrasi dan bagasi di Bandara Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah,” jelasnya.

Firdaus mengatakan Indonesia menjadi salah satu dari sedikit negara yang berkesempatan menikmati layanan percepatan imigrasi dan bagasi oleh Pemerintah Arab Saudi.

“Pelayanan di Madinah ini hanya diberikan kepada beberapa kloter haji Indonesia, diantaranya kepada jemaah haji Debarkasi Surabaya sekitar 13 kloter. Nah kloter 55 ini menjadi kloter awal di Debarkasi Surabaya yang mendapatkan layanan itu,” tuturnya.

Secara teknis, tambah Jamal, bagasi jemaah yang sudah ditempeli QR Card dikirimkan ke bandara 24 jam sebelum keberangkatan. Kemudian jemaah haji diupayakan sudah tiba di bandara 3 sampai 4 jam sebelum keberangkatan.

Setelah tiba di bandara Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah, jemaah masuk ke Paviliun 5 dan langsung menuju ke Gate Haji untuk pemeriksaan. Setelah itu masuk ke lounge Eyab yang terletak di ruang tunggu internasional untuk menunggu waktu panggilan masuk ke pesawat.

“Di lounge Eyab ini, jemaah haji menjadi sangat spesial, dengan layanan istimewa. Ada berbagai makanan dan minuman ringan seperti kurma, es krim, juice, serta makanan ringan lainnya yang dapat dinikmati secara gratis,” jelas Wakil Bupati Gresik M Qosim saat menyambut warganya pulang haji di Asrama Haji Sukolilo.

Baginya, tak hanya jemaah haji Grerik, seluruh jemaah haji di dunia akan me dapatkan kesempatan dari Allah. Hanya saja, pemberian rahmat akan kebesaran-Nya ini berbeda bentuk.

Fast track ini adalah rahmat dan kebesaran-Nya kepada jemaah haji yang tulus ikhlas menjalankan ibadah rukum Islam kelima. Begitu juga buat semua jemaah haji lainnya akan dapatkan keindahaan akan rahmat-Nya,” tandasnya. [man/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar