Peristiwa

Jelang Hari Santri, Ketum PBNU Ziarah ke Makam Pendiri NU

Jombang (beritajatim.com) – Menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Ketua Umum PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) KH Said Aqiel Siradj berziarah ke makam para pendiri NU di Jombang, Kamis (17/10/2019).

Lokasi yang pertama dikunjungi Kiai Said adalah makam Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari yang ada di komplek pesantren Tebuireng. Di makam tersebut juga bersemayam KH Wahid Hasyim, serta mantan Ketua Umum PBNU, KH Abdurrahman Wahid.

Kedatangan Kiai Said disambut KH Abdul Hakim Mahfudz, salah satu pengasuh pesantren. Selanjutnya, Kiai Said beserta rombongan menuju makam untuk berziarah dan menggelar doa bersama.

“Ziarah di makam pendiri NU ini bukan hal yang aneh, hubungannya dengan leluhur yang sudah di sisi Allah. Kita ini yang ada kan masih tamak, rakus, egois dengan beliau yang sudah lepas dari itu semua,” ujar, Kiai Said, usai berziarah.

Setelah dari Tebuireng, Ketua Umum PBNU menuju PPBU (Pondok Pesantren Bahrul Ulum) Tambakberas. Di tempat itu, Kiai Said berziarah makam KH Wahab Chasbullah. Usai berziarah, seluruh rombongan beramah-tamah di dalem kasepuhan. Kiai Said disambut oleh pengasuh PPBU, KH Hasib Wahab.

“Setelah ini saya lanjutkan ke Pesantren Denanyar dan Rejoso,Peterongan. Kemudian besok ke Surabaya untuk ziarah ke makam Sunan Ampel dan KH Hasan Gipo (Hasan Basri) Ketua Umum Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pertama,” ungkapnya.

Kiai Said menambahkan, puncak peringatan HSN 2019 akan dilaksanakan di Parung, Bogor, yakni tepat pada 22 Oktober. Beberapa rangkaian acara digelar sejak tanggal 21 Oktober malam, mulai dari bacaan salawat nariyah satu miliar, khatam Alquran satu juta dan pidato kebudayaan di gedung museum PBNU.

“Kami berharap, HSN tahun ini para santri semakin mempertebal agama dan nasionalisme. Semoga seluruh acara HSN berlangsung aman dan lancar,” pungkas Kiai Said. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar