Peristiwa

Jasad Warga Jember yang Tenggelam di Bondoyudo Ditemukan

Jember (beritajatim.com) – Arif Andi Tri Saputra (23) ditemukan di Sungai Bondoyudo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (3/12/2019) sore, dalam kondisi tak bernyawa dan terapung.

“Tim SAR gabungan menemukan Arif terapung di lokasi yang berada di koordinat 8° 13′ 57″ S – 113° 18′ 44″,” kata Koordinator Pos SAR Jember Asnawi Suroso, Rabu (4/12/2019).

Setelah dievakuasi, jenazah Andi pun diserahkan kepada pihak keluarga, disaksikan oleh unsur SAR gabungan. Sebelumnya diberitakan, Arif Andi Tri Saputra (23), warga Dusun Krajan, Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur, tenggelam di Sungai Bondoyudo, Senin (2/11/2019) siang

Arus sungai deras. Arif terpeleset dan tercebur ke sungai yang memiliki kedalaman lima meter itu. Dia terbawa arus yang kuat. Pencarian melibatkan tim operasi Pos SAR Jember, BPBD Jember, BPBD Lumajang, Polsek Kencong, Koramil Kencong, SAR OPA Jember, Kamla Puger, PMI Jember, Balkom Kencong, SAR MTA, SKD Sidorejo serta masyarakat sekitar.

Empat SRU dikerahkan yang terdiri dari tiga SRU untuk melakukan pencarian di sungai dengan menggunakan perahu dan satu SRU memantau dari darat. “SRU satu, dua dan tiga melakukan penyisiran sungai secara estafet dimulai dari lokasi tenggelamnya korban, dengan menggunakan tiga set perahu karet yang dilengkapi dengan mesin motor tempel,” kata Asnawi.

SRU 1 bergerak melakukan penyisiran dari lokasi tenggelamnya korban menuju ke daerah Jembatan Bajul, dengan jarak tempuh penyisiran sungai sekitar 3,9 kilometer.

SRU 2 melanjutkan upaya penyisiran sungai dari daerah Jembatan Bajul menuju ke daerah Kebonsari, dengan jarak tempuh sekitar 1,1 kilometer. “Dan SRU 3 bergerak menyisir ke arah sebaliknya, yakni dari daerah Kebonsari kembali menuju ke lokasi kejadian, dengan jarak tempuh sekitar lima kilometer,” jelas Asnawi.

SRU 1, 2 dan 3 melakukan manuver perahu di beberapa lokasi yang dicurigai. ‘Dengan manuver ini, terciptalah gelombang air yang besar, sehingga korban yang diduga berada di dasar sungai akan dapat terangkat ke permukaan,” kata Asnawi.

“Pada saat yang bersamaan, SRU 4 memantau darat di sepanjang aliran sungai Bondoyudo. Informasi tentang kejadian tenggelamnya Arif pun disebarluaskan kepada masyarakat yang beraktivitas di sekitar sungai,” kata Asnawi. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar