Peristiwa

Ini Wilayah di Kabupaten Mojokerto yang Diterjang Banjir

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan yang membawa material berupa lumpur dan batu menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Mojokerto terendam banjir, Jumat (18/1/2019). Ada empat lokasi bencana banjir dan longsor yakni Pacet, Trawas, Gondang dan Ngoro.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, ada empat titik banjir bandang maupun tanah longsor. “Ngoro, Trawas, Pacet dan Gondang,” ungkapnya.

Masih kata Zaini, di Kecamatan Ngoro tepatnya di Desa Wotanya Jenong terdapat dua titik longsor sehingga menyebabkan dua teras rumah warga rusak parah. Bahkan satu motor warga dan tujuh kambing milik warga hanyut.

“Jalan menuju NIP dan Desa Seloliman, Kecamatan Trawas juga tertutup batu besar dan tanah longsor.¬†Banjir wilayah Desa Kertosari, Kecamatan Kutorejo, satu rumah hanyut. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” katanya.

Banjir dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Jumat sore meski hanya berdurasi 30 menit. Tanah di bagian atas gembur membuat terjadinya longsor. Hal tersebut karena adanya retakan pasca terbakar beberapa waktu lalu.

“Kuta sudah mengambil langkah penanganan darurat pasca bencana tersebut. Malam ini juga, proses evakuasi material longsor akan dilakukan petugas gabungan dari berbagai unsur. Alat berat didatangkan dan PUPR juga sudah siap,” jelasnya. [tin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar