Peristiwa

Antisipasi Covid-19

Ini Solusi Buat SIM di Surabaya Tanpa Desak-desakan

Petugas saat melayani pembuatan SIM di Tunjungan Plazza 1 Surabaya, Rabu (18/3/2020). Kepolisian mengimbau agar masyarakat memanfaatkan aplikasi Jogo Suroboyo tuk pengurusan SIM.(manik priyo prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Sudah sering mendengar aplikasi Jogo Suroboyo? Aplikasi ini ternyata tak hanya menjadi solusi kebutuhan darurat untuk memanggil kepolisian di Resort Kota Besar Surabaya.

Menurut data kepolisian Satuan Unit Lalulintas (Satlantas) Polrestabes, antrian pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) saat ini meluber. Padahal dalam isu virus corona atau Covid-19 masyarakat dilarang berkumpul menghindari penyebaran virus.

Melihat kondisi ini kepolisian mengimbau supaya warga memanfaatkan aplikasi ‘Jogo Suroboyo’ yang bisa di unduh di AppleStore di Apple atau AppStore di Android.

“Karena banyak warga yang membutuhkan pelayanan SIM baik pembuatan baru maupun perpanjangan. Jadi manfaatkan aplikasi ‘Jogo Suroboyo’ supaya gak perlu mengantri dan berkumpul tuk urus SIM. Langkah ini efektif dan mudah, sebab virus corona harus kita lawan bersama dengan berbagai cara,” papar Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy, Rabu (18/3/2020).

Tak hanya itu, kemudahan aplikasi Jogo Suroboyo juga menjadi solusi cepat mengurus sejumlah kebutuhan administrasi di kepolisia4n. Seperti SIM, warga cukup mengunduh aplikasi, mendaftarkan diri sesuai data asli di KTP dan memilih pelayanan yang dibutuhkan.

Setidaknya saat ini tercatat ada 50 ribu lebih warga di Surabaya yang mengunduh aplikasi ini. Hanya saja ternyata masih jarang yang memanfaatkan aplikasi ini untuk mengurus SIM. Padahal, jika mengurus SIM melalui aplikasi ini, sudah pasti mendapatkan prioritas lantaran pendaftaran lebih awal dari pendaftaran antrian manual.

“Ya itulah kemudahan dan kecepatan teknologi saat ini. Jadi kenapa gak dimanfaatkan, terlebih antrian di Kantor pelayanan SIM Colombo mencapai 200 lebih dan sim corner 100 lebih dalam sehari,” tandas Teddy.(man/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar