Peristiwa

Ini Rangkaian Perayaan Imlek di Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Selain masuk dalam agenda Banyuwangi Festival, perayaan Tahun Baru Imlek di Klenteng Hoo Tong Bio juga menggelar acara yang tak kalah meriah. Salah satu di dalamnya menggelar acara pagelaran wayang kulit.

“Selain nanti perayaan lontong cap go meh dan imlek bersama, kita juga mengadakan wayangan di sini,” kata Sekretaris Klenteng Hoo Tong Bio Banyuwangi, Cahyadi Sugiyanto, Jumat (1/2/2019).

Rangkaian lain, kata Cahyadi, Klenteng Hoo Tong Bio juga menyiapkan pengobatan gratis, pembagian sembako ke warga dan upacara sembahyang. Tak ketinggalan dalam perayaan imlek nanti juga akan digelar pagelaran barongsai

“Rangkaiannya tahun ini banyak. Tanggal 14 Februari nanti ada Imlek bersama seluruh warga Banyuwangi, Tanggal 19 ada lontong cap go mee,” katanya.

Dalam perayaan imlek tahun ini, umat Tri Dharma Banyuwangi berharap kerukunan antar umat makin kuat terjaga. Tidak hanya untuk kalangan warga di Bumi Blambangan, tapi Indonesia pada umumnya.

“Apalagi, menjelang Pilpres ini. Selalu, kita berdoa agar Indonesia damai tidak ada perselisihan, kita ingin bersatu,” pungkasnya.

Tahun baru Imlek 2019 (Chia Gwee 1 -2570 Tahun Ci He) bertepatan dengan hari Selasa (5/2/2019) Shio dan unsurnya termasuk kategori Babi Kayu. Feng Shui yang baik atau kejayaan berkedudukan di arah selatan dan utara. Sementara, Feng Shui yang tidak baik berkedudukan di arah barat. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar