Peristiwa

Video Viral

Ini Polisi Penyelamat Keluarga Nyaris Tenggelam di Tol Ngawi-Kertosono

Kediri (beritajatim.com) — Aiptu Sujadhy, anggota polisi yang membantu menyelamatkan dua bocah, yang terjebak banjir di ruas tol Ngawi-Kertosono, Madiun beberapa waktu lalu tercatat aktif sebagai anggota Polres Kediri. Video aksi penyelamatan heroiknya kini viral di media sosial.

Ditemui beritajatim.com, Sabtu (9/3/2019) pagi, anggota Polri yang berdinas di Kantor Bersama (KB) Samsat Katang Kabupaten Kediri sedang bertugas mengatur lalu lintas.

Kegiatan itu menjadi rutinitasnya sehari-hari.

Aiptu Sujadhy mengaku, aksi kemanusiaan itu dilakukan karena sudah menjadi tanggung jawabnya sebagai abdi masyarakat. Sebagaimana diketahui, selain kedalaman air yang tidak diperkirakan, arus bawah juga cukup deras. Bahkan, ada pagar pembatas dari kawat berduri di lokasi itu.

“Itu murni karena rasa kemanusiaan, ada orang minta tolong, kita berkewajiban untuk membantu mereka dalam kesusahan, itu aja tidak ada tujuan apapun,” kata bapak dua anak ini.

Hati Aiptu Sujadhy tergerak untuk menyelamatkan suami istri dan dua anaknya itu yang terlihat menggigil karena lamanya berada di dalam air.

Saat kejadian itu Jadhy sekeluarga tengah dalam perjalanan dari Ngawi untuk kembali ke Kediri.

Setelah masuk pintu tol Ngawi, sekitar 5 kilometer dari pintu masuk Tol Ngawi, di sisi kiri mendengar seorang minta tolong. Seorang bapak yang tengah memanggul anaknya (mengangkat diatas kepala).

“Tanpa pikir panjang karena ada anak kecil saya pun langsung turun untuk menghampiri bapak itu,” imbuhnya.

Menurut pria kelahiran Bantul ini, sebelumnya ada seseorang yang mau membantu, tapi pria berbaju kuning dalam video itu masih nampak kebingungan, ia hanya menyodorkan tongkat kayu untuk membantu korban.

“Mungkin tidak bisa renang atau gimana, dia berusaha membantu pakai tongkat kayu seperti di video itu,” imbuhnya.

Aiptu Sujadhi langsung membantu menyelamatkannya secara bergantian. Anak pertama ia terima dari sisi luar pagar berduri itu, kemudian ia serahkan ke pria berbaju kuning yang berada di batas air. Cara demikian juga dilakukan pada anak kedua.

Keluarga Aiptu Sujadhy-Nanda

Sementara itu diatas, di jalur tol dua anak yang berhasil diselamatkan itu dipakaikan selimut oleh anak laki-laki dan istri Jadhy, Nanda Sapto Wati (43). Sementara dia kembali membantu suami istri tersebut.

Video berdurasi 5 menit 31 detik dan 3 menit 39 detik itu viral setelah diunggah oleh akun bernama Nanda di facebooknya.

Videonya kini telah dibagikan oleh puluhan ribu warganet. Aiptu Sujadhy tidak menyangka videonya akan viral. Tidak ada niat apapun baginya selain untuk kemanusiaan. [nng/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar