Peristiwa

Hutan Jati di Tuban Terbakar

Kebakaran Hutan di pinggir jalan kawasan Kerawak, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Memasuki musim kemarau, kebakaran hutan jati sering terjadi di Kabupaten Tuban. Pasalnya, banyaknya bekas-bekas kebakaran yang ada di kawasan hutan, Minggu (25/8/2019).

Kali ini, kebakaran hutan jati terjadi di wilayah hutan Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan. Si jago merah membakar pohon dan semak-semak yang ada di hutan itu. Ironisnya, kebakaran tersebut berada tak jauh dari pos milik Perhutani.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, kebakaran hutan tersebut terlihat sangat jelas dari jalan raya Kecamatan Montong menuju Kecamatan Parengan. Api yang membakar ranting-ranting pohon kering dan semak-semak itu begitu cepat meluas.

“Apinya cukup besar dan cepat menjalar. Ada beberapa titik api yang ada di samping kiri dan kanan jalan,” ungkap Huda, pemuda asal Kecamatan Montong, yang kebetulan melewati jalan hutan tersebut.

Salah satu titik kebakaran hutan kawasan hutan Desa Wukirharjo, Kecamatan Parengan, Tuban

Dalam kejadian kebakaran hutan di wilayah Kecamatan Parengan, Tuban itu tidak nampak adanya petugas yang berusaha untuk memadamkan api. Selain itu, keberadaan pos yang hanya sekitar 100 meter dari titik kebakaran sedang dalam keadaan tutup tidak ada petugasnya.

“Bekasnya banyak yang sudah terbakar ini,” tambah Darsono (28), warga lainnya yang juga lewat jalan tersebut.

Sementara itu, selain di wilayah Kecamatan Parengan, kebakaran hutan juga terjadi di wilayah Kerawak, Desa Guwoterus, Kecamatan Montong. Kebakaran hutan yang ada di pinggir jalan itu membuat api membumbung tinggi dan nyaris membakar kabel penerangan jalan raya.

Angin yang berhembus kencang membuat ap dengan cepat meluas dan menghanguskan semak-semak serta pohon yang masih kecil. Belum diketahui secara pasti apa penyebab kebakaran hebat yang terjadi di dua wilayah kecamatan tersebut. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar